SISTEM INFORMASI E-PATIENT BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK MENGHUBUNGKAN PASIEN DENGAN PASIEN LAIN YANG MEMILIKI KESAMAAN PENYAKIT

REZA PRAMUDHIKA, 081311633049 (2017) SISTEM INFORMASI E-PATIENT BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK MENGHUBUNGKAN PASIEN DENGAN PASIEN LAIN YANG MEMILIKI KESAMAAN PENYAKIT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.37.17 . Pra.s - ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.37.17 . Pra.s - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasien elektronik atau e-patient adalah pasien yang mengumpulkan informasi tentang kondisi medis yang mempengaruhi kesehatan mereka dan keluarga mereka dengan menggunakan alat komunikasi elektronik. Telah terjadi perubahan terhadap cara pasien dalam melindungi privasi yang berkaitan dengan kesehatan mereka. Pasien menggunakan media sosial umum untuk mencari teman sebaya dengan penyakit serupa atau pendukung perawatan kesehatan yang berkaitan dengan diagnosis mereka. Keterbukaan pasien dalam membahas masalah-masalah pribadi yang berkaitan dengan perawatan kesehatannya adalah pergeseran paradigma yang selanjutnya menggarisbawahi pentingnya media sosial yang berkaitan dengan pengalaman pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh kebutuhan sistem untuk dapat memenuhi kebutuhan pasien dalam menemukan pasien lain yang memiliki kesamaan penyakit agar dapat saling berbagi pengalaman dan informasi kesehatan, serta untuk membantu pasien dalam menemukan pasien lain yang memiliki kesamaan penyakit dengan membangun sistem informasi e-patient berbasis media sosial untuk menghubungkan pasien dengan pasien lain yang memiliki kesamaan penyakit. Tahapan penelitian terdiri dari lima tahap yaitu communication, planning, modelling, construction, dan deployment. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi e-patient berbasis media sosial yang telah diuji oleh pengguna yaitu dokter dan pasien dengan pengalaman penyakit kronis. Sistem ini dapat menghubungkan pasien dengan pasien lain yang memiliki kesamaan penyakit untuk dapat berbagi informasi terkait pengalaman sakitnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.31/17 Pra s
Uncontrolled Keywords: Pasien elektronik, media sosial, informasi kesehatan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
REZA PRAMUDHIKA, 081311633049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., M.T.UNSPECIFIED
ContributorIra Puspitasari, M.T., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:21
Last Modified: 27 Dec 2017 17:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62660
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item