PEMBUATAN PANDUAN AUDIT MANAJEMEN INSIDEN BERBASIS COBIT 5 DAN ITIL 2011 UNTUK PROSES LAYANAN AKADEMIK STUDI KASUS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

GRAND IVENNES HEINFRI MOKALU, 081311633039 (2017) PEMBUATAN PANDUAN AUDIT MANAJEMEN INSIDEN BERBASIS COBIT 5 DAN ITIL 2011 UNTUK PROSES LAYANAN AKADEMIK STUDI KASUS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.44.17 . Mok.p - ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.44.17 . Mok.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (156kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UA) mempunyai keinginan untuk menerapkan Teknologi Informasi secara menyeluruh pada proses layanan akademiknya. Salah satu area penting yang dapat diimplementasikan adalah manajemen insiden. Manajemen Insiden merupakan salah satu proses untuk menghindari kerugian yang terjadi dalam penerapan Teknologi Informasi. Hal ini menciptakan suatu kebutuhan evaluasi mengenai adanya pengelolaan Teknologi Informasi dalam hal penanganan insiden pada proses layanan akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat panduan audit Manajemen Insiden berbasis COBIT 5 dan ITIL 2011 untuk proses layanan akademik pada studi kasus FST UA Panduan audit akan dibuat melalui 9 tahapan. Tahapan yang pertama adalah dilakukannya sebuah pendefinisian ruang lingkup melalui studi literatur. Tahapan kedua adalah pemetaan COBIT 5 dan ITIL 2011 pada proses manajemen insiden. Tahapan ketiga adalah analisa RACI Chart di layanan akademik pada manajemen insiden. Tahapan keempat adalah penyusunan audit checklist. Tahapan kelima adalah penyusunan indikator panduan audit manajemen insiden. Tahapan keenam adalah penentuan mekanisme pengukuran capability level manajemen insiden. Tahapan ketujuh adalah pembuatan dokumen panduan audit. Tahapan kedelapan adalah evaluasi dokumen panduan audit. Tahapan kesembilan adalah perbaikan dokumen panduan audit yang telah dievaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah dokumen panduan audit manajemen insiden untuk layanan akademik pada Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga. Dokumen yang dibuat tidak dapat dievaluasi secara menyeluruh dikarenakan Manajemen Insiden belum diimplementasikan di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga secara formal. Akan tetapi, dokumen panduan audit yang dibuat telah dinyatakan layak untuk menjadi masukan untuk diimplementasikan oleh Badan Penjaminan Mutu Universitas Airlangga di masa mendatang. Kontribusi COBIT 5 dalam panduan audit ini lebih banyak dibanding dengan ITIL 2011. COBIT 5 memiliki kelebihan dalam menyediakan work product, praktik kerja sebagai dasar pembuatan audit checklist dan mekanisme pengukuran. ITIL 2011 melengkapi COBIT 5 dengan menyediakan aktivitas dan indikator manajemen insiden yang cukup lengkap dan mendalam dibanding dengan COBIT 5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.44/17 Mok p
Uncontrolled Keywords: Manajemen insiden, COBIT 5, ITIL 2011, panduan, audit
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
GRAND IVENNES HEINFRI MOKALU, 081311633039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si., MTUNSPECIFIED
ContributorEndah Purwanti, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:24
Last Modified: 27 Dec 2017 17:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item