SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBUKAAN KANTOR BARU DENGAN METODE FUZZY TOPSIS (STUDI KASUS : PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR)

MOCH ILHAM PRASETYA, 081311633055 (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBUKAAN KANTOR BARU DENGAN METODE FUZZY TOPSIS (STUDI KASUS : PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.47.17 . Pra.s - ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.47.17 . Pra.s - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penentuan Lokasi yang tepat merupakan sebuah kunci perusahaan dalam membuka jaringan Kantor Baru yang berguna untuk mengembangkan potensi ekonomi daerah serta meningkatkan keuntungan perusahaan. Pada PT Bank Pembungunan Daerah Jawa Timur penentuan lokasi masih dilakukan secara subyektif dan mengakibatkan terjadi permasalahan seperti keuntungan perusahaan tidak sesuai Break Event Point yang sudah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem berbasis web yang digunakan untuk perusahaan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur untuk melakukan penentuan lokasi dalam pembukaan kantor baru dengan menggunakan metode Fuzzy TOPSIS. Tahapan pertama metodologi penelitian meliputi Pengumpulan data dan Informasi melalui studi literatur, wawancara dan pengumpulan data primer. Tahapan kedua Pengolahan data dan informasi untuk mendapatkan rancangan sistem yang akan dibangun. Tahap Ketiga adalah anailisis data dengan Fuzzy TOPSIS untuk bisa diperoleh rangking rekomendasi lokasi terbaik. Tahap Keempat adalah implementasi sistem berbasis web. Tahap Kelima adalah pengujian sistem dengan black box testing dan pengujian validitas sistem. Pada tahap terakhir, evaluasi sistem dilakukan melalui kepuasan user berdasarkan nilai usability, functional completeness, performance dan overall. Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa sistem yang dibangun bernilai 3.56 dari skala 4. Hal ini berarti bahwa sistem tersebut sangat baik berdasarkan rentang skor kuesioner. Dengan demikian, diharapkan sistem pendukung keputusan ini dapat membantu dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan kantor baru PT Bank Pembanguanan Daerah Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.47/17 Pra s
Uncontrolled Keywords: Penentuan Lokasi, Fuzzy TOPSIS, Multi-Criteria Decision Making, Sistem Pendukung Keputusan.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MOCH ILHAM PRASETYA, 081311633055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEto Wuryanto, Drs., DEAUNSPECIFIED
ContributorKartono, Drs., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:25
Last Modified: 27 Dec 2017 17:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62687
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item