PENERAPAN METODE USER CENTRED DESIGN UNTUK PERBAIKAN DESAIN ANTARMUKA WEBSITE E-GOVERNMENT (STUDI KASUS WEBSITE DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA)

DWI INDAH CAHYANI, 081311633024 (2017) PENERAPAN METODE USER CENTRED DESIGN UNTUK PERBAIKAN DESAIN ANTARMUKA WEBSITE E-GOVERNMENT (STUDI KASUS WEBSITE DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.50.17 . Cah.p - ABSTRAK.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.50.17 . Cah.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi informasi saat ini mendorong bangsa Indonesia menuju masyarakat sadar akan informasi. Salah satu institusi pemerintah yang bertanggung jawab memberi informasi kepada masyarakat adalah Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Pembangunan website Dinas Kesehatan Kota Surabaya saat ini masih secara subjektif atas pertimbangan dan keputusan hasil musyawarah. Subjektivitas menyebabkan masyarakat tidak bisa mendapatkan informasi Dinkes dan informasi kesehatan publik yang mereka butuhkan. Hal ini merupakan permasalahan penting yang perlu diatasi, agar sesuai dengan visi dan misi Dinas Kesehatan Kota Surabaya untuk menjadi jembatan informasi bagi masyarakat Surabaya dan mitra kerja Dinas. Tujuan penelitian ini adalah merancang webside dengan mempertimbangkan berbagai persepektif dengan cara memberi hasil analisis kebutuhan pengguna website Dinkes berdasarkan metode user centered design (UCD). Penelitian ini menggunakan metode UCD dengan konsentrasi yang berpusat pada pengguna. Tahapan penelitian terdiri dari lima tahap yakni tahap satu merencanakan proses human centred design dengan melakukan wawancara pada staf Dinas Kesehatan Kota Surabaya (Dinkes) yang menangani website. Tahap dua memahami dan menetukan konteks pengguna dengan cara identifikasi pengguna dan penyebaran kuesioner. Tahap tiga menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi, aktivitas yang dilakukan pada tahap ini adalah analisis kebutuhan, analisis task, diagram use case dan diagram sequence. Tahap empat adalah solusi perancangan, dengan cara perancangan konten, storyboard, dan mock-up. Tahap akhir yakni evaluasi perancangan terhadap kebutuhan pengguna. Penelitian ini menghasilkan usulan antarmuka website Dinkes yang telah dievaluasi oleh kelompok responden yaitu mahasiswa program studi sistem informasi, psikologi, desain komunikasi visual, dan kesehatan masyarakat serta staf puskesmas. Hasil evaluasi yaitu, memberikan kepuasan bagi pengguna yang menggunakan usulan desain antarmuka pengguna website Dinkes. UCD memberikan hasil kepuasan pengguna terhadap rekomendasi usulan desain antarmuka berdasarkan evaluasi heuristik, dan mengakomodasi bagi pengguna yang memiliki kebutuhan khusus seperti kelainan buta warna dan disleksia. Komponen yang diperbaiki dari desain antarmuka sebelumnya yakni konten informasi, skema warna, dan tata letak serta font. Hasil evaluasi kepuasan usulan desain website ini menunjukkan interval 80% hingga 95% yang menyatakan sangat setuju dengan usulan desain antarmuka. Website ini dapat menjadi referensi bagi peneliti desain website informasi kesehatan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.50/17 Cah p
Uncontrolled Keywords: informasi publik, website, user centered design, antarmuka
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
DWI INDAH CAHYANI, 081311633024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIra Puspitasari, S.T., M.T., Ph.d.UNSPECIFIED
ContributorTaufik, S.T., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:26
Last Modified: 27 Dec 2017 17:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62691
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item