SISTEM PENJADWALAN MATA KULIAH PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN PRIORITY SCHEDULING

ARIEF RACHMAN, 080916039 (2017) SISTEM PENJADWALAN MATA KULIAH PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN PRIORITY SCHEDULING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI.54.17 . Rac.s - ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI.54.17 . Rac.s - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penjadwalan mata kuliah merupakan salah satu elemen penting dalam menjalankan kegiatan perkuliahan di Universitas Airlangga. Proses penjadwalan mata kuliah di Universitas Airlangga dilakukan oleh setiap Fakultas, tak terkecuali Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dalam menjalankan proses penjadwalan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga sering mengalami kesulitan yang diakibatkan kurangnya ketelitian. Berangkat dari permasalahan tersebut maka muncul sebuah gagasan untuk menerapkan Sistem Penjadwalan terkomputerisasi menggunakan algoritma Priority Scheduling untuk membantu proses penjadwalan mata kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Penerapan Sistem Penjadwalan terkomputerisasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dilakukan dengan membangun Sistem Penjadwalan berbasis web. Sistem Penjadwalan tersebut menggunakan algoritma Priority Scheduling dengan penambahan aturan penjadwalan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Proses penjadwalan dengan algoritma Priority Scheduling dimulai dengan memberikan label prioritas terhadap setiap mata kuliah yang ada. Tahap selanjutnya adalah dilakukan proses penjadwalan secara berurutan sesuai prioritas yang diberikan terhadap setiap mata kuliah. Proses penjadwalan meliputi penentuan ruangan, hari dan jam perkuliahan dengan ketentuan yang tidak melanggar aturan penjadwalan yang telah dibuat. Data Penjadwalan yang dihasilkan oleh sistem dapat digunakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga untuk dijadikan acuan dalam penentuan jadwal kuliah yang akan digunakan. Pembanguan Sistem Penjadwalan dengan penerapan algoritma Priority Scheduling dapat menjadi alternatif solusi atas masalah penjadwalan yang terjadi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hal ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan terhadap Pihak Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pihak Akademik memberikan apresiasi dan masukan yang membangun dalam proses pengembangan sistem. Dampak yang terjadi jika penerapan sistem dilakukan adalah diperlukan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), serta diperlukan pengujian dan pengembangan lebih lanjut agar sistem dapat menyesuaikan dengan permasalahan baru yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.54/17 Rac s
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, Mata Kuliah, Priority Scheduling, Jenjang Sarjana
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ARIEF RACHMAN, 080916039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., M.T.UNSPECIFIED
ContributorEndah Purwanti, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:28
Last Modified: 27 Dec 2017 17:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62697
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item