TEKNIK PEMELIHARAAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) PADA TAMBAK INTENSIF DI POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN SIDOARJO JAWA TIMUR

NUR LAILI KOMARIYAH, 141311133149 (2017) TEKNIK PEMELIHARAAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) PADA TAMBAK INTENSIF DI POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN SIDOARJO JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.84-17 Kom t ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.84-17 Kom t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vannamei (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu komoditas perikanan yang cukup banyak dibudidayakan oleh pembudidaya ikan/udang. Kelebihan udang ini adalah memiliki toleransi salinitas yang luas, sehingga memungkinkan dapat dipelihara dalam salinitas rendah, dan lebih resisten terhadap penyakit. Tentu saja kelebihan ini akan besar nilainya jika ditunjang dengan pemeliharaan yang baik. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kerja serta mengetahui hambatan dalam teknik pemeliharaan udang vannamei. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo Jawa Timur pada tanggal 18 Januari sampai dengan 26 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi data primer yaitu data yang didapat dari sumber pertama seperti wawancara, pengisisan kuesioner, sertao bservasi dan data sekunder aitu data yang diperoleh dari sumber tidak langsung seperti dokumentasi, bentuk laporan serta pustaka penunjang. Teknik pemeliharaan udang vannamei (Litopenaeus vannamei) secara intensif di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo Jawa Timur meliputi 1. Persiapan tambak yaitu pengolahan tanah dasar tambak dengan mengembalikan daya dukung tambak, 2. Penebaran benih yaitu seleksi benih dengan uji visual, serta aklimatisasi, 3. Pengukuran kualitas air dengan menjaga kualitas air pada pH 7,5 – 8,5; suhu 280- 310C; kecerahan 25 – 40 cm; tinggi air 90-100 cm; salinitas 15 – 25 ppt; DO > 4 ppm; warna air hijau – coklat, 4. Pemberian pakan, pakan yang diberikan berupa pellet, 5. Pemberantasan hama dan penyakit dengan system biosecurity, serta pencegahan penyakit dengan pemberian immunostimulan. Teknik pemeliharaan udang vannamei (Litopenaeus vannamei) di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo Jawa Timur sudah memenuhi persyaratan teknik pemeliharaan yang baik dan benar.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.84/17 Kom t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NUR LAILI KOMARIYAH, 141311133149UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuhammad Arief, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 04 Oct 2017 23:46
Last Modified: 04 Oct 2017 23:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item