PENAMBAHAN ENZIM PAPAIN DAN SILASE IKAN DALAM PAKAN PROTEIN RENDAH PADA KEGIATAN PEMBESARAN IKAN BANDENG (Chanos chanos)

RIDHA RAHMAWATI SUPRIYADI PUTRI, 141311133155 (2017) PENAMBAHAN ENZIM PAPAIN DAN SILASE IKAN DALAM PAKAN PROTEIN RENDAH PADA KEGIATAN PEMBESARAN IKAN BANDENG (Chanos chanos). Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.88-17 Put p ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.88-17 Put p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan bandeng merupakan salah satu komoditas yang strategis untuk memenuhi kebutuhan protein yang relatif murah dan digemari oleh konsumen di Indonesia. Bandeng sebagai bahan pangan, merupakan sumber zat gizi yang penting bagi proses kelangsungan hidup manusia. Oleh sebab itu, kegiatan budidaya ikan bandeng harus di optimalkan agar terproduksi ikan bandeng yang berkualitas dan memiliki nilai gizi yang baik. Untuk itu tujuan Praktek Kerja Lapang di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau, Provinsi Jawa Tengah adalah mempelajari manajemen pakan dalam kegiatan pembesaran ikan bandeng. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Januari- 12 Februari 2016. Metode yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang adalah wawancara dan observasi lapang. Manajemen pakan merupakan faktor penting bagi keberhasilan budidaya perikanan. Dengan managemen pakan yang baik maka kita bisa memproduksi ikan bandeng dengan laju pertumbuhan yang cepat serta memiliki gizi yang baik. Untuk itu di BBPBAP Jepara telah diterapkan penambahan enzim papain dan silase ikan pada pellet berprotein rendah sebagai pakan pembesaran ikan bandeng. Penambahan enzim papain dan silase ini ditambahkan guna memperbaiki kualitas pakan. Enzim papain sendiri berguna untuk meningkatkan protein dalam pakan serta daya cerna protein di dalam tubuh ikan bandeng, sedangkan silase berguna untuk merangsang pakan ikan akibat bau yang ditimbulkan. Adapun konsentrasi enzim papain sebanyak 5 gram setiap 20 kg pakan dan ditambah silase 100 ml. Berdasarkan pakan tersebut laju pertumbuhan ikan bandeng (SGR

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.88/17 Put p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIDHA RAHMAWATI SUPRIYADI PUTRI, 141311133155UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSapto Andriyono, S.Pi., MT.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Oct 2017 17:51
Last Modified: 05 Oct 2017 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62732
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item