ANALISIS HISTOPATOLOGI HEPAR IKAN BADER PUTIH (Barbonymous gonionotus) DI PERAIRAN WADUK KARANGKATES,SUNGAI SURABAYA, DAN SUNGAI JAGIR, JAWA TIMUR

HANA WIDYANA, 081311433003 (2017) ANALISIS HISTOPATOLOGI HEPAR IKAN BADER PUTIH (Barbonymous gonionotus) DI PERAIRAN WADUK KARANGKATES,SUNGAI SURABAYA, DAN SUNGAI JAGIR, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB.44.17 . Wid.a - ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB.44.17 . Wid.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pencemaran air terhadap histopatologi sel hepatosit pada hepar ikan bader putih (Barbonymous goinionotus). Penelitian ini menggunakan 3 stasiun penelitian yang berbeda di Sungai Brantas yaitu Waduk Karangkates, Sungai Surabaya dan Sungai Jagir dengan replikasi waktu pengambilan sampel sebanyak 3 yaitu pada bulan Maret, Juni dan September tahun 2016. Data yang dihasilkan di analisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 21 untuk menunjukkan adanya perbedaan dalam setiap lokasi sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan struktur histologi sel hepatosit pada hepar yang mencakup sel normal, hipertrofi dan nekrosis pada setiap stasiun penelitian dan variasi waktu pengambilan sampel. Sel hepatosit normal paling tinggi terdapat pada bulan Maret di stasiun penelitian Waduk Karangkates , sel hepatosit yang mengalami hipertrofi tertinggi pada bulan Juni di stasiun penelitian Sungai Surabaya, dan sel hepatosit yang mengalami nekrosis tertinggi pada bulan September di stasiun penelitian Sungai Jagir. Perbedaan yang terjadi diakibatkan oleh kualitas lingkungan di perairan sungai yang berbeda dibuktikan dengan tinggi rendahnya tingkat COD (Chemical Oxygen Demand), DO (Dissolved Oxygen) dan curah hujan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.44/17 Wid a
Uncontrolled Keywords: ikan bader putih, sungai brantas, histopatologi, hepar, kualitas lingkungan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
HANA WIDYANA, 081311433003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfiah Hayati, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorSugiharto, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:34
Last Modified: 27 Dec 2017 17:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62782
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item