ANALISIS KADAR TIMBAL DAN KROMIUM YANG TERKANDUNG DALAM AIR DAN INSANG IKAN BADER PUTIH (Barbonymus gonionotus) DAN BADER MERAH (Barbonymus balleroides) DI DAERAH ALIRAN SUNGAI BRANTAS

MUHAMMAD MAULANA ABDI ZEN, 081311433047 (2017) ANALISIS KADAR TIMBAL DAN KROMIUM YANG TERKANDUNG DALAM AIR DAN INSANG IKAN BADER PUTIH (Barbonymus gonionotus) DAN BADER MERAH (Barbonymus balleroides) DI DAERAH ALIRAN SUNGAI BRANTAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB.50.17 . Zen.a - ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB.50.17 . Zen.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya beda kadar logam berat Pb dan Cr pada air, organ insang ikan Barbonymus gonionotus dan Barbonymus balleroides serta membandingkan ada tidaknya perbedaan kadar Pb dan Cr di organ insang Barbonymus gonionotus dan Barbonymus balleroides pada bagian hulu dan hilir Sungai Brantas. Pengukuran kandungan logam berat tersebut menggunakan alat Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa pada air tidak ditemukan adanya perbedaan kadar logam berat pada bagian hulu dan hilir Sungai Brantas namun kadarnya telah melampaui baku mutu yang ditetapkan yaitu menurut Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 61 Tahun 2010. Sampel organ insang Barbonymus gonionotus dan Barbonymus balleroides masing – masing tidak ditemukan adanya perbedaan kadar Pb dan Cr baik di hulu dan hilir dan kadarnyapun masih memenuhi baku mutu yang berlaku di Negeri Belanda kecuali pada kadar Pb di insang ikan Barbonymus gonionotus di titik sampling Sungai Kali Jagir telah melampaui baku mutu yang ditetapkan. Sedangkan untuk perbadingan kadar Pb dan Cr pada insang ikan Barbonymus gonionotus dan Barbonymus balleroides tidak ditemukan adanya perbedaan kadar Pb dan Cr dibagian hulu dan hilir Sungai Brantas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.50/17 Zen a
Uncontrolled Keywords: Sungai Brantas, Pb, Cr, Barbonymus gonionotus, Barbonymus balleroides
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD MAULANA ABDI ZEN, 081311433047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfiah Hayati, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorTrisnadi W.C.P, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:36
Last Modified: 27 Dec 2017 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62806
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item