TEKNIK PEMBERIAN PAKAN (CAKE) PADA LARVA IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR PUNTEN, KOTA BATU, JAWA TIMUR

AYU MAHARDIKA, 141311133114 (2017) TEKNIK PEMBERIAN PAKAN (CAKE) PADA LARVA IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR PUNTEN, KOTA BATU, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.93-17 Mah t ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.93-17 Mah t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan hias merupakan salah satu komoditi perikanan yang potensial dalam menghasilkan devisa bagi negara dan mensejahterakan masyarakat perikanan (pembudidaya). Ikan koi sebagai ikan hias yang mempunyai warna menarik, merupakan salah satu budaya Jepang yang sangat dijunjung, banyak hal yang dapat dijadikan sebagai faktor pendukung dalam melakukan usaha ikan hias, diantaranya mempunyai nilai. Ekspor ikan hias Indonesia mencapai 10 juta dolar AS tahun 2009 dan pada tahun 2010 diperkirakan mencapai 12 juta dolar AS. Keberhasilan dari suatu usaha budidaya ikan koi sangat ditentukan oleh tiga faktor yang sama pentingnya yakni bibit, pakan, dan manajemen. Pemberian pakan buatan dalam bentuk cake sekarang lebih efisien digunakan karena lebih murah dan dapat menggantikan pakan alami yang sekarang sulit diperoleh serta harga yang relatif mahal. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui tentang cara pembuatan pakan cake sebagai pakan untuk larva ikan koi (Cyprinus carpio) serta untuk mengetahui dan memahami permasalahan dalam teknik pemberian pakan cake pada larva ikan koi (Cyprinus carpio).Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakanInstalasi Budidaya Air Tawar Punten, Kota Batu, Jawa Timur pada tanggal 18 Januari 2016-12 Februari 2016. Kegiatan pemberian pakan cake pada larva ikan Koi dimulai dari pemilihan jenis pakan, persiapan alat dan bahan pembuatan pakan cake, cara pembuatan pakan cake, teknik pemberian pakan, frekuensi pemberian pakan, evaluasi pakan (GR dan SGR), pengukuran parameter kualitas air, pengendalian hama dan penyakit serta hambatan dan upaya penanggulangan. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan teknik pemberian pakan cake pada larva koi yaitu pakan cake yang diberikan pada larva tidak semua di makan karena pakan cake adalah pakan yang mudah larut dalam air sehingga banyak sisa-sisa pakan yang tidak termakan dan mengakibatkan kekeruhan terhadap air pemeliharaan larva. Penanggulangan hambatan dilakukan dengan cara pemberian pakan yang cukup dan tidak berlebihan sesuai dosis agar tidak menjadi timbunan sisa-sisa pakan yang ada pada bak atau kolam pemeliharaan, selain itu juga dapat dengan teratur mengganti atau menyipon air pada bak pemeliharaan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP93/17 Mah t
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AYU MAHARDIKA, 141311133114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKUSTIAWAN TRI PRASETYO, S.Pi., M.Vet.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Oct 2017 22:04
Last Modified: 05 Oct 2017 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62834
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item