PEMERIKSAAN KLORAMFENIKOL PADA SAMPEL UDANG VANNAMEI BEKU DI UPT. PENGENDALIAN DAN PENGUJIAN MUTU HASIL PERIKANAN (PPMHP), SURABAYA

TARUNA FERNANDO PUTRA, 141311133127 (2017) PEMERIKSAAN KLORAMFENIKOL PADA SAMPEL UDANG VANNAMEI BEKU DI UPT. PENGENDALIAN DAN PENGUJIAN MUTU HASIL PERIKANAN (PPMHP), SURABAYA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.96-17 Put p ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.96-17 Put p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kloramfenikol merupakan antibiotik yang bersprektrum luas. Kloramfenikol sering digunakan dalam budidaya udang vannamei, karena dianggap kinerjanya sangat baik, harganya murah, dan ketersediaannya cukup banyak. Residu kloramfenikol dapat berdampak negatif terhadap kesehatan manusia. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui dan memahami proses pengujian kloramfenikol udang vannamei beku secara laboratoris. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di UPT. Pengendalian dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (PPMHP) Surabaya, Jl. Pagesangan II No.58 B, Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2016 s/d 12 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Proses pemeriksaan kloramfenikol pada udang vannamei menggunakan metode kerja ELISA. tahapan pemeriksaan meliputi preparasi sampel, proses ekstraksi kloramfenikol, dan pembacaan pada ELISA reader.Terdapat lima sampel udang vannamei beku dengan kode yang berbeda. Beberapa sampel diuji dengan tiga sampai empat ulangan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua sampel positif mengandung kloramfenikol dengan konsentrasi 0,015 – 0,215 ppb. Kloramfenikol tersebut masih dibawah ambang batas maksimum yang ditetapkan oleh Uni Eropa yaitu 0,3 ppb. Berdasarkan penghitungan analisis biaya menunjukkan bahwa biaya operasional per tahun sebesar Rp 52.635.200. Pemeriksaan kloramfenikol akan mengalami titik impas pada saat sampel sebanyak 132 sampel.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.96/17 Put p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TARUNA FERNANDO PUTRA, 141311133127UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMoch.Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Oct 2017 22:22
Last Modified: 05 Oct 2017 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62845
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item