BILYET GIRO DALAM PERSPEKTIF HUKUM JAMINAN

STEPHANIE LEA OLIVIA SETIADY, S.H., 031514253072 (2017) BILYET GIRO DALAM PERSPEKTIF HUKUM JAMINAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Other (full text)
TESIS_BILYET GIRO DALAM PERSPEKTIF HUKUM JAMINAN_(Stephanie Lea Olivia Setiady, S.H.), Magister Kenotariatan FH Unair.PDF
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Benda yang memenuhi kualifikasi untuk dijadikan obyek jaminan utang piutang adalah benda yang memiliki nilai ekonomis. Berangkat dari pemikiran ini, maka pada praktik di masyarakat ditemukan perikatan utang piutang yang dibuat dengan jaminan berupa bilyet giro. Bilyet giro dipandang memiliki nilai ekonomis dan dapat dijadikan obyek jaminan utang dengan cara Debitor menerbitkan bilyet giro yang kemudian diserahkan kepada Kreditor untuk disimpan selama masa pelunasan utang. Bilamana keadaan terburuk terjadi bahwa utang ternyata tidak dapat dilunasi, maka bilyet giro dapat diunjukkan Kreditor sebagai jalan pelunasan utang. Isu hukum yaitu apakah bilyet giro memenuhi kriteria untuk dijadikan jaminan dan perlindungan hukum apa yang dapat ditempuh Kreditor selaku pemegang obyek jaminan berupa bilyet giro. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Bilyet giro sejatinya merupakan alat pembayaran pengganti uang tunai yang diciptakan oleh lembaga perbankan. Dilihat dari sudut lembaga jaminan yang berlaku di Indonesia, cara penjaminan bilyet giro mirip dengan cara menjaminkan benda melalui lembaga gadai. Maka dari itu perlu dilakukan analisa terhadap karakter bilyet giro, apakah termasuk surat berharga atau surat bernilai. Dilanjutkan dengan analisa mengenai kelayakan bilyet giro untuk dijadikan sebagai obyek jaminan berdasarkan perspektif hukum jaminan yang berlaku di Indonesia, terutama terkait kemampuannya menjamin kepastian pelunasan utang oleh Debitor. Selain itu dipaparkan juga analisa mengenai perlindungan hukum preventif serta represif yang dapat ditempuh Kreditor yang memegang obyek jaminan berupa bilyet giro.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 114/17 Set b
Uncontrolled Keywords: hukum jaminan, bilyet giro, surat berharga, surat bernilai, perlindungan hukum
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
STEPHANIE LEA OLIVIA SETIADY, S.H., 031514253072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr. , S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2017 22:39
Last Modified: 05 Oct 2017 22:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item