ANALISIS HUBUNGAN KEKERABATAN BEBERAPA VARIETAS KELAPA (Cocos nucifera L.) MELALUI PENDEKATAN MORFOLOGI DI KALIPURO BANYUWANGI

INDRA WAHYU WIJAYANTO, 080914041 (2017) ANALISIS HUBUNGAN KEKERABATAN BEBERAPA VARIETAS KELAPA (Cocos nucifera L.) MELALUI PENDEKATAN MORFOLOGI DI KALIPURO BANYUWANGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB.70.17 . Wij.a. - ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB.70.17 . Wij.a. - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keanekaragaman varietas, hubungan kekerabatan, karakter morfologi yang mempengaruhi pengelompokkan varietas kelapa (Cocos nucifera L.) di Kalipuro Banyuwangi. Berdasarkan karakter morfologi dan mengetahui karakter yang dapat mempengaruhi pengelompokkan antar varietas pada kelapa. Penelitian ini dilakukan di Kalipuro, Banyuwangi. Pada penelitian ini terdapat 6 varietas dari spesies Cocos nucifera L., yaitu, varietas Dalam Merah, varietas Dalam Kuning, varietas Dalam Hijau, varietas Dalam Bol/Udang, varietas Genjah Salak, dan varietas Genjah Gading beserta 1 outgroup yaitu kelapa sawit. Karakter tanaman yang digunakan berjumlah 55 karakter, berupa karakter morfologi yang meliputi karakter habitus, batang, daun, bunga, buah, dan serabut. Penelitian ini bersifat observasional. Berdasarkan hasil analisis deskripsi diperoleh keanekaragaman karakteristik morfologi antar varietas kelapa. Berdasarkan analisis dengan metode fenetik menggunakan program SPSS dihasilkan dendrogram yang menunjukkan dua kelompok utama yaitu kelompok A dan B dengan nilai similaritas 0,422. Kelompok A beranggotakan kelapa sawit, dan kelompok B memisah kembali dengan kelompok C dengan nilai similaritas 0,252. Kelompok C memisah dengan kelompok D dengan nilai similaritas 0,442. Kelompok D memisah dengan kelompok E dengan niilai similaritas 0,619. Kelompok E memisah dengan kelompok F dengan nilai similaritas 0,682, dan kelompok F memisah dengan nilai paling tinggi 0,743 beranggotakan varietas Dalam Merah dan varietas Dalam Kuning. Berdasarkan hasil PCA (Principal Component Analysis), karakter yang mempengaruhi pengelompokan varietas kelapa antara lain: warna batang, diameter batang 1 m dari pangkal, tepi pelepah daun, pangkal daun, panjang tangkai daun, bentuk bunga betina, warna tangkai bunga, jumlah bunga betina, berat buah, diameter buah, berat daging buah, berat serabut, warna atas serabut, warna dasar serabut, tebal serabut, tinggi nodus, percabangan bunga, warna kelopak betina, dan polaritas buah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.70/17 Wij a
Uncontrolled Keywords: Cocos nucifera L., hubungan kekerabatan, morfologi, dendrogram, PCA
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
INDRA WAHYU WIJAYANTO, 080914041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorRosmanida, Dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:44
Last Modified: 27 Dec 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62880
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item