PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI, DENGAN BELANJA MODAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2011-2014

IWAN RINDU NASIB ANDRI, 041211332013 (2017) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI, DENGAN BELANJA MODAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2011-2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A-233 - 17 And p - Abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A-233 - 17 And p - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PE) dengan Belanja Modal sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian ini menggunakan data keuangan pemerintah daerah Kota dan Kabupaten Provinsi Jawa Timur periode 2011-2014. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA) yang digunakan untuk menguji apakah variabel moderating dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabelvariabel independen terhadap variabel dependen. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Model regresi I menguji pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Model regresi II dan Model regresi III menguji apakah Belanja Modal dapat memoderasi hubungan antara Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Hasil uji t menunjukkan pada model I Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum berpengaruh signifikan secara positif dan negatif terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan taraf signifikansi 5%. Pada model II dan model III variabel Belanja Modal mempengaruhi secara signifikan negatif hubungan antara Pendapatan Asli Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi karena posisi variabel Belanja Modal sebagai Pure Moderator, pada hubungan antara Dana Alokasi Umum terhadap Pertumbuhan Ekonomi variabel Belanja Modal tidak mampu memoderasi hubungan keduanya dikarenakan posisi variabel Belanja Modal sebagai Homoligizer Moderator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK A-233 - 17 And p
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Pertumbuhan Ekonomi (PE), Belanja Modal (BM)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IWAN RINDU NASIB ANDRI, 041211332013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdianto, Dr,SE.,MSi.,Ak.,CMA.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2017 21:31
Last Modified: 18 Dec 2017 21:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62912
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item