PENGARUH LOVE OF MONEY, GENDER DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI ALIH JENIS UNIVERSITAS AIRLANGGA)

ZUMALA ANIS SURAYYA, 041511323058 (2017) PENGARUH LOVE OF MONEY, GENDER DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI ALIH JENIS UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A-250 - 17 Sur p - Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A-250 - 17 Sur p - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skandal publik yang melibatkan peran akuntan menjadi dilema etis terbesar dalam profesi akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan awareness mahasiswa akuntansi terkait dengan krisis etika yang terjadi. Lebih lanjut penelitian ini menguji hubungan antara sikap love of money, religiusitas dan gender terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Alih Jenis Akuntansi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen penelitian berupa kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 118 mahasiswa akuntansi alih jenis angkatan 2015 dan 2016 dengan kriteria yang sedang mempelajari matakuliah pengauditan dan etika profesi akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda yang diolah menggunakan software IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Variabel Love of Money tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Variabel gender berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Secara simultan variabel Love of Money, gender dan religiusitas berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Ketiga variabel mempunyai koefisien determinasi sebesar 0,182 yang berarti 18,2% perubahan variabel persepsi etis dapat dijelaskan oleh variabel Love of Money, Gender, dan Religiusitas. Sedangkan sisanya sebesar 81,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara individual, hanya variabel gender yang berpengaruh terhadap persepsi etis. Sedangkan secara simultan ketiga variabel mempunyai pengaruh terhadap persepsi etis sebesar 18,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A-250 - 17 Sur p
Uncontrolled Keywords: Love of Money, Gender, Religiusitas, Persepsi Etis, Mahasiswa Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ZUMALA ANIS SURAYYA, 041511323058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYani Permatasari, S.Ak.,MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2017 23:55
Last Modified: 18 Dec 2017 23:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62942
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item