POTENSI EKSTRAK ASAM GELUGUR (Gracinia atroviridis) DAN CITROEN ZUUR TERHADAP PENURUNAN KANDUNGAN TIMBAL (Pb) PADA KERANG HIJAU (Perna veridis)

TUBAGUS ARINDA TAMA, 141111107 (2017) POTENSI EKSTRAK ASAM GELUGUR (Gracinia atroviridis) DAN CITROEN ZUUR TERHADAP PENURUNAN KANDUNGAN TIMBAL (Pb) PADA KERANG HIJAU (Perna veridis). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK BP 127-17 Tam p-Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 127-17 Tam p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2020.

Download (797kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Logam berat merupakan salah satu limbah yang sangat berbahaya baik secara langsung terhadap kehidupan biota perairan maupun secara tidak langsung terhadap kesehatan manusia. Hal ini berkaitan dengan sifat logam berat yang sulit untuk didegradasi. Sementara itu timbal merupakan bahan toksik yang mudah terakumulasi dalam organ manusia dan dapat mengganggu kesehatan manusia.Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh ekstrak asam gelegur dan citroen zuur terhadap penuruan kandungan timbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan pemberian ekstrak asam gelugur dan asam citroen terhadap penurunan kandungan timbal pada kerang hijau (Perna veridis) dan mengetahui jumlah penurunan kandungan timbal (Pb) pada kerang hijau (Perna veridis). Metode penelitian adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan . Perlakuan yang digunakan yaitu media kontrol (P0), ekstrak asam gelugur 1 ml (P1), dan citroen zuur 1 ml (P2) masing-masing perlakuan diulang sebanyak 6 kali dan dilakukan pemeliharaan selama tiga hari. Parameter utama yang diamati adalah penurunan kandungan timbal pada daging kerang. Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANAVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan timbal berbeda sangat nyata (p<0,01). Penurunan kandungan timbal tertinggi pada perlakuan P1 (Pemberian ekstrak asam gelugur) berkisar 41 %, sedangkan penurunan kandungan timbal pada P2 (Pemberian Citroen zuur) 28,60 % dan terendah pada perlakuan P0 (media kontrol) dengan penurunan 15,89%. Dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak asam gelugur dan citroen zuur berpengaruh terhadap penurunan kandungan timbal dan perlakuan paling efektif dalam mengurangi kandungan timbal adalah ekstrak asam gelugur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 127-17 Tam p
Uncontrolled Keywords: Gelugur Acid (Gracinia atroviridis)Extract ; Citroen Zuur ; Lead (Pb) ; Green mussels (Perna veridis).
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH365-380.92 Shellfish fisheries. Shellfish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
TUBAGUS ARINDA TAMA, 141111107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Subekti, Prof. Dr., drh., DEAUNSPECIFIED
ContributorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.sUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 08 Oct 2017 21:42
Last Modified: 08 Oct 2017 21:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62958
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item