EFEK MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI DALAM PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA APARAT (STUDI EMPIRIS PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DI KOTA SURABAYA)

ARFI BACHTIYAR, 040913098 (2017) EFEK MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI DALAM PENGARUH PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA APARAT (STUDI EMPIRIS PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DI KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A-287 - 17 Bac e - Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A-287 - 17 Bac e - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil efek mediasi komitmen organisasi dalam pengaruh penganggaran partisipatif terhadap kinerja aparat (studi empiris pada satuan kerja perangkat daerah di kota Surabaya) Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu Penganggaran partisipatif , variabel dependen yaitu kinerja manajerial dan variabel mediasi komitmen organisasi. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang bersumber dari jawaban, pendapat atau persepsi manajer atas item-item pertanyaan yang terdapat dalam tiga variabel penelitian, yaitu penganggaran partisipatif, kinerja aparat, dan komitmen organisasional. Data sekunder diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara. Data tersebut berasal dari data dokumenter dan jurnal serta hasil penelitian sebelumya yang berkaitan dengan topik bahasan dalam penyusunan skripsi. Model yang digunakan dalam penelitain ini adalah model kausalitas atau hubungan pengaruh antar variabel penelitian.Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan menggunakan software WarpPLS versi 5.0.PLS (Partial Least Square) merupakan analisis persamaan struktural atau Structural Equation Model (SEM) berbasis varian yang secara simultan dapat melakukan pengujian model pengukuran sekaligus model struktural. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Penganggaran pertisioati berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.287 - 17 Bac e
Uncontrolled Keywords: Penganggaran Partisipatif, Komitmen Organisasi, Kinerja Manajerial, satuan kerja perangkat daerah di kota Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARFI BACHTIYAR, 040913098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErina Sudaryati, Dr.,dra.,MS.i.,Ak.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2018 00:23
Last Modified: 26 Jan 2018 00:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63018
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item