PENGARUH PENAMBAHAN POLIVINIL ALKOHOL DAN NATRIUM ALGINAT TERHADAP PEMBENTUKAN DAN KARAKTERISTIK HIDROGEL WOUND DRESSING

ANITA DWI LESTARI, 081311333044 (2017) PENGARUH PENAMBAHAN POLIVINIL ALKOHOL DAN NATRIUM ALGINAT TERHADAP PEMBENTUKAN DAN KARAKTERISTIK HIDROGEL WOUND DRESSING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPF.60.17 . Les.p - ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPF.60.17 . Les.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Penambahan Polivinil Alkohol dan Natrium Alginat terhadap Pembentukan dan Karakteristik Hidrogel Wound Dressing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi PVA terhadap karakteristik pori dan kemampuan absorbsi, serta karakteristik mekanik dari hidrogel wound dressing yang diproses dengan menggunakan kombinasi freeze-thawing (beku-leleh) dilanjutkan dengan iradiasi gamma. Bahan pembuatan hidrogel wound dressing yang digunakan dalam penelitian ini adalah PVA (Polivinil Alkohol) dan NaAlg (Natrium Alginat). Penggunaan kedua bahan tersebut bertujuan agar dihasilkan hidrogel wound dressing yang dapat diaplikasikan sebagai penutup luka sesuai dengan standart yang ada. Pembuatan hidrogel wound dressing dilakukan dengan cara melarutkan PVA dan NaAlg dengan aquades secara bertahap. Dengan variasi PVA sebesar 5%, 10% dan 15% (vol) yang kemudian untuk setiap variasi PVA disintesis dengan menggunakan NaAlg dengan variasi 0,5%, 1% dan 1,5% (vol). Karakterisasi yang dilakukan adalah uji kekuatan tarik (Tensile Strength dan elongation break), fourier transform Infra Red (FT-IR), uji kemampuan absorbsi, dan uji penguapan air. Hasil penelitian menunjukkan nilai kekuatan tarik (tensile strength) tertinggi pada konsentrasi PVA 15% (vol) dan NaAlg 1,5% (vol) yaitu 24,624 kg/cm2, perpanjangan putus (elongation at break) tertinggi pada konsentrasi PVA 15% (vol) dan NaAlg 1,5% (vol) yaitu 234,4%, nilai absorbsi menunjukkan peningkatan nilai daya serap seiring dengan pertambahan konsentasi NaAlg dan penurunan nilai daya serap seiring dengan kenaikan konsentrasi PVA, nilai laju penguapan air menurun seiring bertambahnya konsentrasi PVA dan NaAlg dan Hasil uji FITR menunjukkan adanya ikatan silang terjadi pada sintesis PVA dan NaAlg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF.60/17 Les p
Uncontrolled Keywords: Hidrogel, Wound dressing, Polivinil Alkohol dan Natrium Alginat.
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1 Physics (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
ANITA DWI LESTARI, 081311333044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJan Ady, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorDjony Izak Rudyardjo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:57
Last Modified: 22 Jan 2018 19:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63066
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item