“Pengaruh Medan Elektromagnet, Medan Listrik Statis, dan Sinar Inframerah Terhadap Kadar Glukosa Darah dan Kadar Kreatinin Pada Mencit Diabetik”

OSAS LISA ISTIFARINTA, 081311333102 (2017) “Pengaruh Medan Elektromagnet, Medan Listrik Statis, dan Sinar Inframerah Terhadap Kadar Glukosa Darah dan Kadar Kreatinin Pada Mencit Diabetik”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPF.62.17 . Ist.p - ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPF.62.17 . Ist.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kombinasi medan elektromagnet, medan listrik statis dengan dan tanpa sinar Inframerah terhadap kadar glukosa dan kadar kreatinin mencit diabetik, selain itu juga untuk mengetahui pengaruh kombinasi medan elektromagnet, medan listrik bolak-balik dengan dan tanpa sinar Inframerah terhadap kadar glukosa dan kadar kreatinin mencit diabetik. Medan magnet yang digunakan adalah medan elektromagnet sebesar 800 μT. Medan listrik yang digunakan adalah medan listrik statis sebesar 900V/0,3 m dan medan listrik bolak-balik. Sedangkan sinar inframerah yang digunakan adalah sinar Inframerah dari LED Inframerah dengan panjang gelombang 941 nm yang terletak pada spektrum inframerah dekat (near infrared/ NIR). Penelitian ini menggunakan 24 ekor mencit jantan berumur 2 – 3 bulan dengan berat badan kisaran 30 gram. Perlakuan dilakukan dengan meletakkan mencit dalam alat terapi selama 15 menit/hari dalam jangka waktu 28 hari. Data yang diperoleh dianalisis statistik ANOVA (α = 0,05) untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan kombinasi medan elektromagnet, medan listrik, dan sinar inframerah serta nilai perlakuan yang paling optimal dan berpengaruh. Pada akhir perlakuan, dilakukan pengukuran kadar glukosa darah puasa dan kadar kreatinin. Hasil analisis anova menunjukkan bahwa kombinasi medan elektromagnet, medan listrik statis dengan inframerah sangat berpengaruh dalam menurunkan kadar glukosa darah dan kadar kreatinin. Penurunan tersebut dapat disebabkan karena adanya efek panas yang ditimbulkan dari gelombang elektromagnetik dan juga panas dari sinar inframerah. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kombinasi medan elektromagnet, medan listrik statis dengan sinar inframerah dapat menurunkan kadar glukosa dan kadar kreatinin pada mencit diabetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF.62/17 Ist p
Uncontrolled Keywords: Medan elektromagnet, medan listrik, sinar inframerah, kadar glukosa darah, kadar kreatinin, diabetes
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1 Physics (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
OSAS LISA ISTIFARINTA, 081311333102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhariningsih, Prof., Dr., Ir.UNSPECIFIED
Thesis advisorSaikhu Akhmad H, Drs., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:57
Last Modified: 22 Jan 2018 19:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63069
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item