PENGARUH FAKTOR - FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PADA AUTO2000 JEMURSARI SURABAYA

R. BETA HARDIAN, 040114059 (2011) PENGARUH FAKTOR - FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PADA AUTO2000 JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PENGARUH FAKTOR – FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PADA AUTO2000 JEMURSARI SURABAYA - gdlhub-gdl-s1-2011-hardianrbe-12687-b24510-p.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-hardianrbe-12687-b24510-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap perusahaan tidak dapat bersaing dan berkembang tanpa adanya prestasi kerja yang baik. Prestasi kerja dipengaruhi oleh kepuasan kerja karyawan yang terdiri oleh rasa senang dan bertanggung jawab dengan pekerjaan mereka, gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fisik minimum, adanya pengawasan kerja yang bersifat objektif dan mendukung dari supervisor, dan kelompok kerja karyawan yang dapat bekerja sama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Prestasi kerja perusahaan dan kepuasan kerja karyawan saling berhubungan, dengan adanya kepuasan kerja yang terpenuhi dari sisi karyawan maka akan meningkatkan prestasi kerja dari sisi perusahaan yang dapat membuat tujuan perusahaan akan lebih mudah tercapai dan terpenuhi. Penelitian ini dilakukan pada Auto2000 Jemursari Surabaya. Obyek penelitian adalah para karyawan bagian pemasaran yang bekerja Auto2000 yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan variabel bebas yaitu faktor – faktor kepuasan kerja (X) yang terdiri dari pekerjaan itu sendiri (X1), gaji (X2), Pengawasan (X3), dan kelompok kerja (X4), sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi kerja karyawan (Y). Model regresi linier berganda pada penelitian ini adalah sebagai berikut: Y = 19,852+ 0,323X1 + 0,531X2 + 0,293X3 + 0,247X4 Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 15.0 for Windows, diperoleh hasil bahwa besarnya kontribusi variabel bebas yaitu faktor – faktor kepuasan kerja (X), terhadap variabel terikat yaitu prestasi kerja karyawan (Y) dapat ditunjukkan dengan nilai signifikansi dari variabel-variabel bebas yaitu pekerjaan itu sendiri (X1) sebesar 0,001 gaji (X2) sebesar 0,000 pengawasan (X3) sebesar 0,002 dan kelompok kerja (X4) sebesar 0,030. seluruhnya lebih kecil (<) dari nilai level of significant  = 0,05. Artinya ada pengaruh yang signifikan baik secara bersama-sama maupun secara parsial antara variabel pekerjaan itu sendiri, gaji, pengawasan, kelompok kerja terhadap prestasi kerja karyawan bagian pemasaran Auto2000 Jemursari Surabaya. Besarnya koefisien determinasi berganda (R2) sebesar 0,825. Ini berarti 82,5% tingkat prestasi kerja karyawan bagian pemasaran Auto2000 Jemursari Surabaya ditentukan oleh faktor – faktor kepuasan kerja, dengan demikian sisanya sebesar 17,5% tingkat prestasi kerja karyawan bagian pemasaran Auto2000 Jemursari Surabaya masih ditentukan oleh variabel – variabel lain yang tidak diteliti. Selanjutnya, variabel yang berpengaruh dominan terhadap prestasi kerja (Y) karyawan karyawan bagian pemasaran Auto2000 Jemursari Surabaya adalah variabel gaji (X2) dengan nilai beta weights (βI) sebesar 0,531.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 245/10 Har p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION; ACHIVEMENT MOTIVATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
R. BETA HARDIAN, 040114059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNURTJAHJA MOEGNI, Dra. Ec. Hj., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 25 Feb 2011 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/631
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item