PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI MONITORING PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA BERBASIS WEB STUDI KASUS PT. PLN (PERSERO) AREA PENYALUR DAN PENGATUR BEBAN (AP2B) SISTEM KALIMANTAN TIMUR

DONY PRASETIYO, 081211633017 (2017) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI MONITORING PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA BERBASIS WEB STUDI KASUS PT. PLN (PERSERO) AREA PENYALUR DAN PENGATUR BEBAN (AP2B) SISTEM KALIMANTAN TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 57.17 . Pra.p - ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 57.17 . Pra.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 10 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.uniar.ac.id

Abstract

PT. PLN (Persero) Area Penyalur dan Pengatur Beban (AP2B) Sistem Kalimantan Timur memiliki berbagai macam kegiatan yang dilakukan dalam menunjang proses bisnis di perusahaan, salah satunya adalah kegiatan pengadaan barang dan jasa. Proses pengadaan barang dan jasa mencakup sejak tahap proses perencanaan pengadaan sampai dengan tahap pembuatan surat perintah pembayaran. Pengadaan barang dan jasa yang saat ini dilakukan pada perusahaan dengan metode konvensional dari satu bagian ke bagian yang lain. Hal ini menyebabkan informasi tidak dapat diketahui oleh semua pihak dan juga menyulitkan pihak eksekutif seperti, Assistent Manager dan Manager serta pihak pihak yang terlibat seperti Spv. Terkait, Asman Terkait, Asman Keuangan, Spv. Pengadaan, Staff Keuangan, Tim Pemeriksa, Spv. Keuangan dalam proses pengadaan untuk melakukan monitoring dan evaluasi kerja. Ditambah lagi dengan tidak lancarnya komunikasi antar pihak pihak panitia pengadaan membuat proses tersebut menjadi terlambat tanpa diketahui penyebab dari keterlambatan yang terjadi. Hal ini membuat pihak eksekutif tidak dapat memberikan solusi atas permasalah yang terjadi. Berangkat dari permasalahan tersebut maka muncul sebuah gagasan untuk membangun sistem Informasi monitoring pengadaan barang dan jasa berbasis web Sistem monitoring pengadaan barang dan jasa berbasis web agar dapat di akses dimanapun dan kapanpun baik melalui mobile ataupun dekstop. Sistem ini juga mampu menampilkan visualisasi yang baik dan informatif bagi pihak pihak eksekutif seperti, Assistent Manager dan Manager untuk melakukan monitoring dan menganalisis masalah yang timbul selama pelaksanaan proses pengadaan barang dan jasa. Diharapkan dengan menggunakan sistem ini maka pihak eksekutif dapat menemukan permasalahan secara cepat, dan memberikan aksi atau melakukan pengambilan keputusan dalam rangka membantu meningkatkan performa dari perusahaan. Pembangunan Sistem Informasi Monitoring Pengadaan Barang dan Jasa Berbasis Web sanggup menjadi alternatif solusi bagi permasalahan yang terjadi di PT.PLN (Persero) Area Penyalur dan Pengatur Beban (AP2B) Sistem Kalimantan Timur. Sistem dapat mengetahui penyebab dari keterlambatan proses dan letak permasalahan tersebut, sistem dapat memantau seluruh proses pengadaan dari awal hinggal akhir, sistem juga akan memberikan notifikasi dengan menggunakan teknologi SMS Gateway pada pengguna terhadap aktivitas yang harus dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.57/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Sistem Monitoring, Pengadaan Barang dan Jasa, Sistem Berbasis Web
Subjects: T Technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
DONY PRASETIYO, 081211633017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTaufik, S.T., M.Kom.UNSPECIFIED
ContributorArmy Justitia, S.Kom., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 18:03
Last Modified: 27 Dec 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63108
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item