PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN/KOTA JAWA TIMUR TAHUN 2011-2015

NISRINA ASTRIANTI APRIASARI, 041113030 (2017) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN/KOTA JAWA TIMUR TAHUN 2011-2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A-295 - 17 Apr p - Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A-295 - 17 Apr p - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2020.

Download (976kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu indikator keberhasilan kegiatan ekonomi yang dapat diukur menggunakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Perbedaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang diterima serta Belanja Modal (BM) untuk pembangunan infrastruktur oleh setiap kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur memberikan pengaruh besarnya pertumbuhan ekonomi. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti secara empiris adanya PAD, DAU, dan BM terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan alat bantu program SPSS 20. Data sekunder berupa Laporan Realisasi APBD kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur dan PDRB atas dasar harga konstan 2010 kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur. Unit analisis yang digunakan sebanyak 38 pemerintahan kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil uji penelitian ini membuktikan bahwa PAD berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan DAU dan BM tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur seharusnya berupaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah agar tercapai pertumbuhan ekonomi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A-295 - 17 Apr p
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Belanja Modal, Pertumbuhan Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NISRINA ASTRIANTI APRIASARI, 041113030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYustrida Bernawati, Dra.,M.Si.,Ak.,CMA.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 16:23
Last Modified: 24 Jan 2018 16:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63117
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item