DESAIN SISTEM MANAJEMEN PEMELIHARAAN TERKOMPUTERISASI DAN TERINTEGRASI DENGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA PT. SURABAYA AUTOCOMP INDONESIA)

ABDILLAH WICAKSANA BASRI, 040913147 (2017) DESAIN SISTEM MANAJEMEN PEMELIHARAAN TERKOMPUTERISASI DAN TERINTEGRASI DENGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA PT. SURABAYA AUTOCOMP INDONESIA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A-296 - 17 Bas d - Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A-296 - 17 Bas d - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendesain sistem manajemen pemeliharaan terkomputerisasi yang mampu menyelesaikan masalah-masalah terkait proses pemeliharaan mesin di PT SAI tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif eksplanatori. Survei pendahuluan dilakukan untuk memperoleh gambaran umum mengenai perusahaan, keadaan perusahaan saat ini, mempelajari tujuan dan struktur organisasi perusahaan serta sistem pemeliharaan yang berlaku saat ini. Observasi dilakukan beberapa kali dengan mengunjungi kantor PT SAI di Ngoro, Mojokerto antara Februari 2015 hingga Juni 2017. Wawancara dilakukan kepada Bapak Edwin Gita Nugraha selaku supervisor IT, Bapak Muhammad Faiz yang merupakan senior supervisor Preassy Engineering, serta Bapak Eko Nugroho selaku foreman Preassy Preventive Machine & Applicator. Hasil dari penelitian ini berupa desain sistem manajemen pemeliharaan yang diimplementasikan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembuatan sistem manajemen pemeliharaan terkomputerisasi untuk menggantikan proses pemeliharaan manual. Tahap berikutnya adalah integrasi antara sistem manajemen pemeliharaan dengan sistem informasi akuntansi PT SAI. Pada Januari 2017 PT SAI telah merealisasikan tahap pertama implementasi. Dari hasil realisasi tersebut dapat disimpulkan bahwa Desain Sistem Manajemen Pemeliharaan Terkomputerisasi dan Terintegrasi dengan Sistem Informasi Akuntansi yang dihasilkan dari penelitian ini dianggap mampu mempermudah pemantauan proses penjadwalan dan pelaksanaan pemeliharaan, mencatat riwayat pemeliharaan setiap mesin, mampu digunakan untuk memantau pemakaian suku cadang, menghasilkan data pemeliharaan yang rapi, terpusat, mudah diakses, dan dapat dianalisis, serta dapat diintegrasikan dengan Sistem Informasi Akuntansi yang digunakan PT SAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A-296 - 17 Bas d
Uncontrolled Keywords: CMMS, desain sistem, integrasi sistem, pemeliharaan mesin, preventive maintenance, PT SAI, sistem informasi akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ABDILLAH WICAKSANA BASRI, 040913147UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDebby R.Daniel, Dr.rer.pol.,SE.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 16:28
Last Modified: 24 Jan 2018 16:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63123
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item