ANALISIS PERANAN INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN GOOD GOVERNANCE PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) (Studi Kasus pada BUMDes Marga Sejahtera di Desa Ngaban, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo)

RAHMA ERIYANTI UTAMI, 040913031 (2017) ANALISIS PERANAN INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN GOOD GOVERNANCE PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) (Studi Kasus pada BUMDes Marga Sejahtera di Desa Ngaban, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A-300 - 17 Uta a - Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A-300 - 17 Uta a - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan yang akurat, transparan, dan akuntabel sangat diperlukan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kepada pemerintah dan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam usaha untuk mewujudkan tata kelola yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan informasi akuntansi dalam meningkatkan tata kelola pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Marga Sejahtera yang berada di Desa Ngaban, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Data yang didapat pada penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini data primer didapatkan melalui proses wawancara secara langsung kepada pihak pelaksana BUMDes Marga Sejahtera di Desa Ngaban, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo yaitu ketua dan bendahara BUMDes. Dalam penelitian ini data sekunder yang didapat adalah laporan keuangan BUMDes Marga Sejahtera periode tahun 2016. Hasil penelitian ini adalah sistem akuntansi pada BUMDes Marga Sejahtera masih sangat sederhana dan kurang menampilkan tata kelola yang akurat, transparan dan akuntabel dari BUMDes Marga Sejahtera. Sistem akuntansi yang digunakan saat ini sudah sedikit mampu mensejahterakan masyarakat dan membantu dalam pembangunan di Desa Ngaban. Alangkah baiknya bila pemerintah membantu BUMDes dalam memberikan bimbingan dan pelatihan bagi masyarakat desa agar lebih mengerti dan paham tentang akuntansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A-300 - 17 Uta a
Uncontrolled Keywords: Akuntabel, BUMDes, Laporan Keuangan, Sistem Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RAHMA ERIYANTI UTAMI, 040913031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Widodo M, Drs.,SE.,MS.i.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 16:38
Last Modified: 24 Jan 2018 16:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item