IDENTIFIKASI PENGUKURAN KINERJA DALAM RENCANA PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA PT �X� DI SURABAYA

REZANI FUADHINA, 040831133 (2012) IDENTIFIKASI PENGUKURAN KINERJA DALAM RENCANA PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA PT �X� DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-fuadhinare-20031-a.66-1-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-fuadhinare-23656-a.-66--1-k.pdf

Download (528kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT “X” di Surabaya adalah perusahaan yang sedang berkembang dibidang produksi air minum dalam kemasan (AMDK). Selama ini perusahaan menggunakan ukuran kinerja keuangan sebagai tolak ukur untuk menilai keberhasilan bisnisnya. Pengukuran kinerja keuangan tidak berhubungan secara langsung dengan aktivitas operasional, maka manajemen tidak dapat melihat critical success factors lain yang berpengaruh bagi perusahaan, karena critical success factors tersebut tidak dapat dinyatakan dalam satuan keuangan. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan eksploratif, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi ukuran kinerja yang tepat pada PT “X” sehingga dapat digunakan sebagai dasar evaluasi kinerja berdasarkan empat perspektif Balanced scorecard dan sebagai dasar pengambilan keputusan srategis perusahaan. Langkah awal menentukan pengukuran kinerja yang tepat adalah mengembangkan visi misi bisnis, selanjutnya dilakukan analisis SWOT untuk menentukan kekuatan dan kelemahan internal, serta kesempatan dan ancaman eksternal yang dihadapi. berdasarkan hasil analisis visi dan misi berdasarkan empat perspektif balanced scorecard serta analisis strategi yang dihasilkan dari analisis SWOT, maka disarankan beberapa ukuran kinerja yang tepat bagi PT “X”, yaitu: Perspektif keuangan : ROI, Profit Margin on Sales, Current ratio, Quick Ratio, dan Sales Growth rate. Perspektif pelanggan : Number of customer Retention, Number of New Customer, dan Number of Sales Return. Perspektif proses bisnis internal : Defect Rate, dan Rasio Karyawan atas Penjualan. Perspektif belajar dan bertumbuh: Employee productivity, Employee Turn Over, dan % Absenteism.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 66/ 12 Fua i
Uncontrolled Keywords: FINANCIAL STATEMENT; MANAGEMENT-EMPLOYEE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
REZANI FUADHINA, 040831133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWiwiek Dianawati, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Apr 2012 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item