NANO-PESTISIDA NABATI BERBASIS EKSTRAK BIJI MIMBA (Azadirachta indica A. Juss) YANG TERENKAPSULASI KITOSAN DENGAN MODIFIKASI ANHIDRIDA SUKSINAT

ANNINDA MUGHNIY RAHAYU JASWADI, 081311533024 (2017) NANO-PESTISIDA NABATI BERBASIS EKSTRAK BIJI MIMBA (Azadirachta indica A. Juss) YANG TERENKAPSULASI KITOSAN DENGAN MODIFIKASI ANHIDRIDA SUKSINAT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPK 82-17 Jas n Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPK 82-17 Jas n Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 11 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaanpestisida sintetis banyak digunakan sebagai solusi dalam mengurangi populasi hama,selain itu sisa dari penggunaan pestisida sintetis yang terakumulasi dilingkungan menimbulkan banyak dampak negatif bagi mahluk hidup lainnya dan lingkungan sekitar. Solusi alternatif dari masalah ini yaitu menggunakan pestisida nabati dengan formula baru agar memiliki nilai lebih sehingga dapat dipertimbangan sebagai solusi utama yang efektif dan ramah lingkungan.Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan inovasi pada pestisida nabati dengan teknologi baru berupa nanoenkapsulasi yang akan dilakukan pada ekstrak biji mimba dan kitosan termodifikasi anhidrida suksinat. Produk yang dihasilkan akan diuji kestabilannya terhadap perubahan pH, suhu, radiasi UV serta pelepasannya dalamberbagai variasi pH dan karakterisasi menggunakan Spektrofotometer UVVis, FTIR dan DLS.Metode ultrasonikasi diperlukan dalam proses enkapsulasi ekstrak biji mimba dengan kitosan termodifikasi anhidrida suksinat sedangkan proses dialisis dibutuhkan sebagai pembentuk hasil enkapsulan supaya didapatkan hasil enkapsulasi dalam ukuran nano. Produk yang telah didapatkan ternyata stabil terhadap pH dengan batas 5 – 12, stabil terhadap suhu 30 ℃ − 60 ℃, dan stabil terhadap radiasi UV selama 12 jam. Pelepasan kandungan aktif dari nanoenkapsulasi ekstrak biji mimba dengan kitosan termodifikasi anhidrida suksinat optimal pada pH7 yaitu dalam suasana yang tidak terlalu asam dan tidak terlalu basa. Keberhasilan bahwa kandungan aktif dari ekstrak biji mimba telah terenkapsulasi dalam kitosan termodifikasi anhidrida suksinat dapat dibuktikan melalui berbagai karakterisasi diantaranya menggunakan FTIR, Spektrofotometer UV-Vis dan DLS untuk mengetahui ukuran dan zeta potensial dari produk yang di hasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK.82/17 Jas n
Uncontrolled Keywords: Nanoenkapsulasi, ekstrak, biji mimba, kitosan, anhidrida suksinat.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsEmail
ANNINDA MUGHNIY RAHAYU JASWADI, 081311533024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Zakki Fahmi, M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
ContributorAhmadi Jaya Permana, S.Si, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 14 Dec 2017 23:12
Last Modified: 14 Dec 2017 23:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item