SINTESIS SENYAWA TURUNAN DIHIDROPIRIMIDIN (DHPM) MENGGUNAKAN MODIFIKASI METODE REAKSI BIGINELLI DENGAN KATALIS ASAM para- TOLUENSULFONAT (pTSA) DAN KATALIS GARAM TRIETILAMONIUM para-TOLUENSULFONAT (pTSA-TEA)

NOORMA KURNYAWATY, 081311533051 (2017) SINTESIS SENYAWA TURUNAN DIHIDROPIRIMIDIN (DHPM) MENGGUNAKAN MODIFIKASI METODE REAKSI BIGINELLI DENGAN KATALIS ASAM para- TOLUENSULFONAT (pTSA) DAN KATALIS GARAM TRIETILAMONIUM para-TOLUENSULFONAT (pTSA-TEA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPK 90-17 Kur s Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPK 90-17 Kur s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Senyawa turunan dihidropirimidin (DHPM) merupakan senyawa organik yang sangat menarik untuk disintesis dan dikembangkan. Salah satu turunan dari senyawa DHPM adalah kelompok dihidrotetrazolopirimidin yang telah dilaporkan memiliki berbagai macam aktifitas biologis seperti antibakteri, hipoglikemia, antioksidan, dan antikanker. Perkembangan untuk memodifikasi pereaksi maupun metode dalam mensintesis senyawa ini terus dilakukan untuk memperoleh hasil yang paling baik dan ramah terhadap lingkungan. Pada penelitian kali ini telah dilakukan sintesis senyawa turunan dihidropirimidin yaitu etil-5-metil-7-(4-morfolinofenil)-4,7-dihidrotetrazolo[1,5-a]pirimidin-6-karboksilat melalui reaksi Biginelli yang dimodifikasi menggunakan tiga macam metode. Rendemen terbaik dihasilkan dari metode refluks dengan katalis pTSA yaitu sebesar 58,19%. Sementara rendemen yang dihasilkan dari metode sintesis organik dengan katalis pTSA-TEA metode refluks dan metode pemanasan menggunakan microwave (microwave assisted organic synthesis) berturut-turut sebesar 33,36% dan 5,94%. Karakterisasi molekul target dilakukan dengan menggunakan instrumen FTIR, HRESIMS, 1H NMR, APT, dan HMBC. Walaupun metode sintesis yang dibantu microwave memberikan rendemen yang belum memuaskan, metode ini dapat menjadi suatu metode yang menjanjikan untuk dieksplorasi lebih lanjut karena prinsip kerjanya yang lebih sederhana, waktu reaksi yang lebih singkat dan dilakukan dalam kondisi tanpa pelarut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK.90/17 Kur s
Uncontrolled Keywords: Dihidropirimidin, Reaksi Biginelli, Microwave Assisted Organic Synthesis, Katalis pTSA, Katalis pTSA-TEA
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsEmail
NOORMA KURNYAWATY, 081311533051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHery Suwito, Dr., M.SiUNSPECIFIED
ContributorAbdulloh, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 20 Dec 2017 16:00
Last Modified: 20 Dec 2017 16:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63329
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item