PERUBAHAN PERSEPSI POSITIF DAN PENURUNAN KADAR KORTISOL PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA YANG DIBERI ASUHAN PSIKOSPIRITUAL SEHAT (SYUKUR SELALU HATI DAN TUBUH)

HANIK ENDANG NIHAYATI, 091170116 (2015) PERUBAHAN PERSEPSI POSITIF DAN PENURUNAN KADAR KORTISOL PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA YANG DIBERI ASUHAN PSIKOSPIRITUAL SEHAT (SYUKUR SELALU HATI DAN TUBUH). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Dis.K.16.17 . Nin.p - ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Dis.K.16.17 . Nin.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan Persepsi Positif Dan Penurunan Kadar Kortisol Pada Penderita Kanker Payudara Yang Diberi Asuhan Psikospiritual Sehat (Syukur Selalu Hati Dan Tubuh) Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Akibat dari ketakutan ini menyebabkan penderita kanker payudara mengalami ketidaknyamanan hidup dan menyebabkan penderitaan pada wanita yang mengalaminya. Pendekatan asuhan psikospiritual SEHAT (Syukur SElalu Hati Dan Tubuh) merupakan rangkaian pendekatan spiritual yang di modifikasi oleh peneliti untuk meningkatkan kecerdasan emosi, sehingga penderita kanker payudara mampu memaknai hidupnya dan senantiasa bersyukur serta merasa dekat dengan Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perubahan strategi koping, eustres dan kadar kortisol pada penderita payudara setelah diberikan asuhan psikospiritual SEHAT (Syukur Selalu Hati dan Tubuh). Desain penelitian quasy experiment non randomized pre test and post test kontrol group design, 14 perlakuan di berikan psikospiritual SEHAT dan kelompok kontrol tidak. Analisis data menggunakan uji T test dan Wilcoxon Range Test. Distribusi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol homogen berdasarkan umur, status perkawinan, pendidikan, pekerjaan dan stadium kanker payudara. Stategi koping yang digunakan pendrita kanker payudara sebagian besar adalah Emosional Focus Coping yaitu 79% pada kelompok perlakuan 71% pada kelompok kontrol. Problem Focused Coping menunjukkan 21% pada kelompok perlakuan dan 29% pada kelompok kontrol. Hasil perubahan stress menunjukkan bahwa pada kelompok perlakuan mengalami perbedaan stress sebelum dan sesudah dilakukan intervensi pada ketiga aspek, yaitu (1) aspek fisik p=0,003; (2) aspek psikis p=0,002; (3) aspek sosial p=0,003. Tidak terdapat perbedaan bermakna pada kelompok kontrol di setiap aspek, yaitu pada (1) aspek fisik p=0,414; (2) aspek psikis p=0,914; (3) aspek sosial p=0,453 namun secara keseluruhan terdapat perbedaan bermakna (p=0,001) pada total perubahan stres penderita kanker payudara. Data kortisol hasil uji independent t test menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara data post test kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Pendekatan psikospiritual care SEHAT (Syukur Selalu Hati dan Tubuh) yang menekankan pada serangkaian kegiatan spiritual mampu meningkatkan makna hidup, emosi positif pada penderita kanker payudara dan merasa dekat dengan Tuhan sehingga kualitas kehidupan spiritual menjadi lebih baik sehingga penderita kanker payudara eustress.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK Dis.K.16/17 Nin p
Uncontrolled Keywords: Asuhan psikospiritual, penderita kanker payudara, strategi koping, eustress, kortisol
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HANIK ENDANG NIHAYATI, 091170116UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSuhartono Taat Putra, Prof,. Dr., dr, MS.UNSPECIFIED
ContributorNursalam, Prof., Dr., MNurs (Hons)UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 18:10
Last Modified: 18 Jan 2018 19:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63494
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item