MEKANISME PROTEKSI ORAL CANDIDAL LEUKOPLAKIA DENGAN TERIPANG EMAS (Stichopus hermanii) MELALUI MALONDIALDEHIDA, EKSPRESI CD8+, TNF-α, IL-17, β-DEFENSIN 2, DAN HIPERPLASIA EPITEL (Penelitian eksperimental pada tikus Wistar)

SYAMSULINA REVIANTI, NIM011217017332 (2016) MEKANISME PROTEKSI ORAL CANDIDAL LEUKOPLAKIA DENGAN TERIPANG EMAS (Stichopus hermanii) MELALUI MALONDIALDEHIDA, EKSPRESI CD8+, TNF-α, IL-17, β-DEFENSIN 2, DAN HIPERPLASIA EPITEL (Penelitian eksperimental pada tikus Wistar). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Dis.K.39.17 . Rev.m - ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Dis.K.39.17 . Rev.m - SEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kandidiasis Hiperplastik Kronis (oral candidal leukoplakia) adalah salah satu tipe dari kandidosis mulut yang ditandai dengan adanya bercak warna putih pada komisura mukosa mulut. Salah satu faktor predisposisi yang berperan dalam patogenesis oral candidal leukoplakia adalah kebiasaan merokok yang dapat berkembang menjadi karsinoma sel skuamosa yang merupakan salah satu dari kanker rongga mulut yang paling sering. Stichopus hermanii mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai antfungal, antioksidan, imunomodulator, dan antiproliferatif. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme Stichopus hermanii dalam mencegah oral candidal leukoplakia. Bahan dan Metode: Dua puluh tujuh ekor tikus Wistar jantan dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok K1 yaitu kelompok tikus normal, K2 yaitu kelompok tikus yang diinduksi C. albicans dan terpapar asap rokok, K3 yaitu kelompok tikus yang diinduksi C. albicans, terpapar asap rokok dan diberi Stichopus hermanii 90 mg/kgBB. Induksi C. albicans dilakukan dengan cara mengaplikasikan suspensi C. albicans pada permukaan dorsum lidah 3 kali seminggu selama 2 minggu. Paparan asap rokok menggunakan alat smoking pump selama 12 minggu. Stichopus hermanii dengan dosis 90 mg/kgBB diberikan 1 kali sehari secara per sonde selama 12 minggu. Pada hari terakhir perlakuan seluruh tikus dianestesi kemudian dilakukan pengambilan saliva untuk pemeriksaan kadar MDA dan pengambilan jaringan lidah guna pemeriksaan histologi dan imunohistokimia. Hasil: Stichopus hermanii mampu menghambat peningkatan konsentrasi MDA, ekspresi TNF-α, hiperplasia dan displasia epitel, serta meningkatkan ekspresi IL- 17, BD-2 dan CD8+ (p <0,05) . Kesimpulan: Stichopus hermanii mampu mencegah terjadinya oral candidal leukoplakia.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK Dis.K39/17 Rev m
Uncontrolled Keywords: Stichopus hermanii, C. albicans, asap rokok, candidal leukoplakia.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
SYAMSULINA REVIANTI, NIM011217017332NIM011217017332
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoetjipto, Prof., dr., M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorAulanni’am, Prof. Dr., drh., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 18:18
Last Modified: 18 Jan 2018 21:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63560
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item