PERHITUNGAN DAN PELAPORAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI INFORMASI BAGI MANAJEMEN DALAM PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS PADA CITRA DIGITAL SOLUTION SIDOARJO

Ria Febriyantie, 040419188 (2012) PERHITUNGAN DAN PELAPORAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI INFORMASI BAGI MANAJEMEN DALAM PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS PADA CITRA DIGITAL SOLUTION SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-febriyanti-20093-a.30-12-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Biaya kualitas adalah biaya yang terjadi karena adanya produk cacat, yang terdiri dari biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal. Tujuan pelaporan biaya kualitas adalah untuk mengendalikan biaya kualitas dan menilai sejauh mana keefektifan sistem pengendalian kualitas. Citra Digital Solution telah menerapkan sistem pengendalian kualitas, namun tidak pernah menghitung biaya kualitas aktual sehingga tidak diketahui berapa jumlah biaya kualitas aktual yang terjadi. Karena tidak adanya laporan biaya kualitas, maka Citra Digital Solution tidak dapat mengetahui apakah sistem pengendalian kualitas yang telah diterapkan berjalan efektif dan efisien. Perhitungan dan pelaporan biaya kualitas pada Citra Digital Solution dilakukan dengan mengidentifikasi biaya-biaya yang berhubungan dengan peningkatan kualitas dari laporan kas, laporan laba-rugi, dan laporan mesin, kemudian mengkategorikannya ke dalam biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal, serta menyusunnya dalam bentuk laporan biaya kualitas berdasarkan penjualan aktual. Metode pelaporan biaya kualitas yang digunakan adalah laporan biaya kualitas per tahun, dan laporan biaya kualitas Multiple-Period Trend. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian, diketahui bahwa persentase biaya kualitas tahun 2008-2010 sebesar 10%-11% dari penjualan aktual. Namun dengan persentase biaya kualitas sebesar itu, biaya kegagalan hanya sebesar 1,03%-1,15% dari penjualan aktual, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengendalian kualitas di Citra Digital Solution cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 30 / 12 Feb p
Uncontrolled Keywords: QUALITIY CONTROL
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Ria Febriyantie, 040419188UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDian Agustia, Dr., SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 May 2012 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6360
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item