PERBANDINGAN LUARAN MATERNAL DAN NEONATAL PADA PERSALINAN IBU REMAJA DENGAN IBU USIA REPRODUKSI SEHAT DI RSUD DR. M. SOEWANDHIE SURABAYA

Raden Widya Septiani, NIM011511223023 (2017) PERBANDINGAN LUARAN MATERNAL DAN NEONATAL PADA PERSALINAN IBU REMAJA DENGAN IBU USIA REPRODUKSI SEHAT DI RSUD DR. M. SOEWANDHIE SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FK BID 33-17 Sep p Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 33-17 Sep p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehamilan dan persalinan remaja merupakan masalah global yang terjadi di dunia khususnya di negara berkembang. Indonesia merupaka negara peringkat ke-4 dengan jumlah kelahiran ibu remaja tertinggi di dunia. Data menunjukkan bahwa persalinan ibu remaja berhubungan dengan tingginya kejadian prematuritas dan berat bayi lahir rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi data yang ada dengan membandingkan luaran maternal dan neonatal pada persalinan ibu remaja dengan ibu usia reproduksi sehat. Penelitian kohort ini dilakukan dengan mengumpulkan data ibu bersalin di RSUD Dr. M. Soewandhie Surabaya pada periode Januari-Desember 2016. Data yang diambil bersumber dari rekam medik. Setelah dibatasi dengan jumlah sampel dan kriteria inklusi, 106 sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok ibu remaja dan ibu usia reproduksi sehat. Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat kejadian preeklampsia/eclampsia (p=0.01), persalinan preterm (p=0.01), dan berat bayi lahir rendah (p=0.006) pada persalinan ibu remaja dibandingkan ibu usia reproduksi sehat. Kejadian persalinan dengan tindakan, perdarahan post-partum dan asfiksia lebih tinggi pada kelompok ibu remaja namun perbedaannya tidak signifikan Kesimpulan penelitian ini, persalinan pada ibu remaja memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami preeklmapsia/eclampsia, persalinan preterm, dan berat bayi lahir rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID.33/17 Sep p
Uncontrolled Keywords: persalinan remaja, preeklampsia, persalinan preterm, BBLR
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
Raden Widya Septiani, NIM011511223023NIM011511223023
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGatut Hardianto, dr., Sp.OG (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorMuhammad Faizi, dr., Sp.A (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 17 Dec 2017 21:58
Last Modified: 17 Dec 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63623
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item