PENGARUH AROMATERAPI JAHE (Zingiber officinale) YANG DIBERIKAN SECARA TOPIKAL TERHADAP INTENSITAS NYERI HAID PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIDAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

NI NYOMAN TRIYANI, NIM011511223013 (2017) PENGARUH AROMATERAPI JAHE (Zingiber officinale) YANG DIBERIKAN SECARA TOPIKAL TERHADAP INTENSITAS NYERI HAID PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIDAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FK BID 73-17 Tri p Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 73-17 Tri p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 13 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penangangan yang tepat terhadap nyeri haid tentunya membawa berbagai manfaat. Nyeri haid dapat menimbulkan ketidaknyamanan seperti kesulitan berjalan, tidak nafsu makan, bahkan sampai pingsan. Beberapa cara yang telah dilakukan untuk mengatasi nyeri haid diantaranya secara farmakologis, nonfarmakologis, dan pembedahan. Penggunaan aromaterapi jahe sebagai salah satu metode non-farmakologis diharapkan dapat mengurangi rasa nyeri pada saat haid. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh aromaterapi jahe (Zingiber officinale) yang diberikan secara topikal terhadap intensitas nyeri haid pada Mahasiswa S1 Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Metode penelitian yang digunakan randomized clinical trial dengan teknik double blind. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan besar sampel 28 responden. Variabel terikat adalah perubahan intensitas nyeri haid dan variabel bebasnya adalah aromaterapi jahe yang diberikan secara topikal. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Paired T-Test, Wilcoxon Sign Rank Test, dan Mann Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian aromaterapi jahe yang diberikan secara topikal berpengaruh terhadap penurunan intensitas nyeri haid p= 0,000 (alfa 0,05). Terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara intensitas nyeri haid sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok treatment p= 0,000 dan pada kelompok control p= 0,046. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian aromaterapi jahe yang diberikan secara topikal terhadap penurunan intensitas nyeri haid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID.73/17 Tri p
Uncontrolled Keywords: aromaterapi jahe topikal, nyeri haid.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
NI NYOMAN TRIYANI, NIM011511223013NIM011511223013
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAditiawarman, Dr. , dr., Sp.OG(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorSulistiawati, Dr. , dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 16:30
Last Modified: 18 Dec 2017 16:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63729
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item