PERAN LINGKUNGAN DALAM MENDUKUNG KARIER WANITA JEPANG DI DUNIA KERJA (STUDI PENGALAMAN 5 WANITA JEPANG) 職場における日本人の女性のキャリアを支援する環境の役割 「5名日本人女性に対するケーススタデイ」

Nindi Ruskarwinda, 121113025 (2017) PERAN LINGKUNGAN DALAM MENDUKUNG KARIER WANITA JEPANG DI DUNIA KERJA (STUDI PENGALAMAN 5 WANITA JEPANG) 職場における日本人の女性のキャリアを支援する環境の役割 「5名日本人女性に対するケーススタデイ」. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS J 01-17 Rus p Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS J 01-17 Rus p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peran lingkungan yang akan dibahas dalam penelitian ini meliputi peran keluarga, peran pemerintah Jepang, dan peran lingkungan kerja. Peneliti melihat adanya permasalahan yang terjadi pada wanita Jepang yang sudah menikah dan ingin bekerja. Pemerintah Jepang melakukan upaya agar wanita Jepang dapat tetap berkarier meskipun sudah menikah, namun di pihak lain suami sebagai kepala keluarga menginginkan istri lebih berperan dalam lingkungan rumah, menjaga dan merawat suami dan anak. Peneliti ingin melakukan penelitian lebih dalam mengenai bagaimanakah lingkungan berperan dalam karier wanita Jepang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptifkualitatif. Sementara data yang digunakan didapat dengan metode kepustakaan dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada lima orang wanita Jepang sebagai informan pilihan peneliti. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: konsep kebijakan pemerintah Jepang womenomics, teori perkembangan karier Donald Super, serta konsep work-family conflict oleh Greenhaus & Beutell. Hasil penelitian menyatakan bahwa kelima informan tidak mengalami kesusahan dalam melakukan perannya antara sebagai ibu atau istri dengan melakukan pekerjaan di luar rumah. Adapun dari ketiga peran yang dibahas dalam penelitian ini (peran keluarga, peran pemerintah Jepang, dan peran lingkungan kerja) yang paling mempengaruhi wanita karier adalah dari peran keluarga. Selain itu, menurut para informan, dukungan keluarga dapat membantu peningkatan karier wanita di dunia kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS.J.01/17 Rus p
Uncontrolled Keywords: keluarga, wanita Jepang, wanita karier, womenomics
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nindi Ruskarwinda, 121113025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMoh. Gandhi Amanullah, S.S.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 16:35
Last Modified: 18 Dec 2017 16:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item