RELASI DAN CITRA TOKOH – TOKOH PEREMPUAN JEPANG PADA NOVEL HADO BOIRUDO/ HADO RAKKU KARYA YOSHIMOTO BANANA 吉本ばなな「ハードボイルド/ ハードラック」における 女性関係と女性イメージ

Citra Anisya Wardani, 121113039 (2017) RELASI DAN CITRA TOKOH – TOKOH PEREMPUAN JEPANG PADA NOVEL HADO BOIRUDO/ HADO RAKKU KARYA YOSHIMOTO BANANA 吉本ばなな「ハードボイルド/ ハードラック」における 女性関係と女性イメージ. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS J 07-17 War r Abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS J 07-17 War r Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hado Boirudo/Hado Rakku adalah sebuah novel karya Yoshimoto Banana yang terbit pada tahun 1999. Novel ini terdiri dari dua judul yang tidak ada keterkaitan cerita antara satu dengan lainnya. Cerita pertama berjudul Hado Boirudo, mengisahkan tentang tokoh Aku yang sedang mendaki gunung tepat di hari satu tahun setelah kematian pasangan lesbiannya yang bernama Chizuru. Dalam perjalan mendaki gunung tersebut ia mengalami malam yang panjang dimana ia dihantui oleh seorang hantu perempuan, serta mimpi – mimpi buruk tentang Chizuru. Dalam perjalanannya pula ia menghayati kisah masa lalunya tentang pengkhianatan Ibu Tirinya serta hubungannya yang tak berakhir baik dengan Chizuru. Sedangkan pada cerita Hado Rakku, mengisahkan tentang seorang perempuan sebagai tokoh Aku yang tengah dalam kondisi berkabung atas kejadian tragis yang menimpa kakak perempuannya bernama Kuni. Kuni mengalami koma akibat pendarahan otak karena terlalu sibuk menyelesaikan pekerjaan kantornya sebelum mengundurkan diri untuk mempersiapkan pernikahannya. Selama Kuni koma tokoh aku menjadi dekat dengan kakak dari tunangan Kuni. Namun hubungan mereka tidak dapat dilanjutkan karena rasa empati tokoh Aku terhadap Kuni. Hado Boirudo/ Hado Rakku merupakan novel dengan tema dan plot yang ringan. Tokohnya yang sebagian besar perempuan menjadikan novel ini padat akan informasi keperempuan. Oleh karena itu, dalam analisis yang bertujuan untuk mengetahui relasi dan citra perempuan akan digunakan teori kritik sastra feminis. Melalui perantara teori kritik sastra feminis akan dijelaskan lebih dalam mengenai hubungan – hubungan yang dimiliki oleh tokoh – tokoh perempuan serta citra perempuan pada masing – masing tokoh perempuan. Hasil analisis terhadap relasi pada tokoh – tokoh perempuan menunjukkan bahwa hubungan apapun yang dimiliki oleh perempuan dengan perempuan memiliki ikatan yang lebih kuat dibandingkan hubungan antara perempuan dengan laki – laki. Kemudian analisis terhadap citra perempuan menunjukkan bahwa relasi yang terjalin dalam yang dimiliki oleh perempuan akan menguras emosi perempuan dan mempengaruhi citra diri perempuan. Kemudian didapati pula bahwa kehilangan orang terdekat pada perempuan akan meningkatkan citra feminim pada diri perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.J.07/17 War r
Uncontrolled Keywords: relasi antar perempuan, citra perempuan, kritik sastra feminis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Citra Anisya Wardani, 121113039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBramantio, S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 16:55
Last Modified: 18 Dec 2017 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item