ANALISIS STRATEGI TINDAK TUTUR MERENDAHKAN ORANG LAIN DALAM DRAMA TELEVISI “GAKKOU NO KAIDAN” 「学校のカイダン」のテレビドラマにおける相手に侮辱する発話行為の ストラテジー分析

Tita Tahirah Salikha, 121211333009 (2017) ANALISIS STRATEGI TINDAK TUTUR MERENDAHKAN ORANG LAIN DALAM DRAMA TELEVISI “GAKKOU NO KAIDAN” 「学校のカイダン」のテレビドラマにおける相手に侮辱する発話行為の ストラテジー分析. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS J 23-17 Sal a Abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS J 23-17 Sal a Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh sebagai makhluk sosial. Komunikasi umumnya terjadi secara verbal dan nonverbal. Dalam komunikasi verbal, berbagai ekspresi dapat disampaikan termasuk saat merendahkan orang lain dengan sebuah tuturan. Merendahkan orang lain dengan tuturan merupakan salah satu bentuk sederhana dari bullying, namun tidak semua tuturan merendahkan orang lain adalah sikap bullying. Penelitian ini merupakan penelitian pragmatik membahas bagaimana strategi tindak tutur merendahkan orang lain dalam drama televisi Gakkou no Kaidan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori kesantunan Brown dan Levinson yang berfokus pada strategi kesopanan berbahasa sebagai acuan utama. Hasil penelitian adalah ditemukan 65 data tuturan yang mengandung unsur merendahkan orang lain yang telah diklasifikasikan dalam dua strategi, yaitu off record dan on record. Dalam kategori off record, strategi data tuturan berupa ironi, metafora, pertanyaan retoris, dan dengan memberi petunjuk (give hint). Sedangkan dalam kategori on record, data tuturan paling banyak ditemukan dengan strategi baldly on record, serta beberapa data tuturan disampaikan dengan strategi redressive action. Selain itu, penulis melakukan analisis mengenai bentuk kalimat dan partikel pendukung pada data tuturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.J.23/17 Sal a
Uncontrolled Keywords: bullying, merendahkan orang lain, pragmatik, strategi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Tita Tahirah Salikha, 121211333009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorParwati Hadi Noorsanti, S.S., M.Pd.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 17:44
Last Modified: 18 Dec 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63871
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item