KLASIFIKASI EMOSI TOKOH AKU PADA LIMA CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN HANYA KAMU YANG TAHU BERAPA LAMA LAGI AKU HARUS MENUNGGU KARYA NORMAN ERIKSON PASARIBU

Wahyu Maria Helena, 121311133106 (2017) KLASIFIKASI EMOSI TOKOH AKU PADA LIMA CERPEN DALAM KUMPULAN CERPEN HANYA KAMU YANG TAHU BERAPA LAMA LAGI AKU HARUS MENUNGGU KARYA NORMAN ERIKSON PASARIBU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 24-17 Hel k Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 24-17 Hel k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2020.

Download (890kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian berjudul Klasifikasi Emosi Tokoh Aku Pada Lima Cerpen dalam Kumpulan Cerpen Hanya Kamu Yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu Karya Norman Erikson Pasaribu ini, penulis menganalisis aspek psikologis yang terdapat pada tokoh Aku dalam kumpulan cerpen Hanya Kamu yang Tahu Berapa Lama lagi Aku Harus Menunggu. Penulis melakukan analisis terhadap tokoh, penokohan dan klasifikasi emosi yang dialami oleh tokoh-tokoh Aku dalam lima cerpen pada kumpulan cerpen Hanya kamu Yang Tahu Berapa Lama lagi Harus Menunggu. Sesuai dengan tujuan dari penelitian tersebut, maka metode yang akan dipakai untuk mengungkapkan tokoh, penokohan dan klasifikasi emosi tokoh-tokoh Aku dalam kumpulan cerpen Hanya kamu Yang Tahu Berapa Lama lagi Harus Menunggu adalah metode kualitatif deskriptif dengan tinjauan psikologi sastra. Penelitian ini memanfaatkan perspekstif Psikologi Sastra menggunakan teori struktural yang fokus pada tokoh dan penokohan. Berikutnya dilanjutkan dengan penelitian lebih mendalami tentang kepribadian tokoh-tokoh Aku menggunakan teori kepribadian Freud, melalui beberapa aspek, insting, distribusi energy pada id, ego, dan super ego, dan klasifikasi emosi. Analisis dilakukan menggunakan beberapa langkah, analisis sebuah Klasifikasi Emosi Rasa bersalah, Rasa Bersalah yang di Pendam, Menghukum Diri Sendiri, Kesedihan, Kebencian, dan Cinta pada tokohtokoh Aku dalam keenam kumpulan cerpen Hanya Kamu yang Tahu Berapa Lama lagi Aku Harus Menunggu. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa tokoh Aku, Klasifikasi emosi dalam kelima cerpen tersebut akan membahas mengenai kesedihan dan kesepian yang dialami oleh tokoh Aku. Bagaimana tokoh Aku merasa bahwa dirinya diasingkan,dikucilkan, dipandang sebelah mata, dimusuhin oleh lingkungan tokoh Aku tinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI/17 Hel k
Uncontrolled Keywords: Tokoh, Penokohan, dan Klasifikasi Emosi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
Wahyu Maria Helena, 121311133106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBramantio, S.S., M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 18:06
Last Modified: 18 Dec 2017 18:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63895
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item