TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM WACANA IKLAN KULINER DI AKUN INSTAGRAM ASLI SUROBOYO: KAJIAN PRAGMATIK

Rahma Rahartika, 121311133108 (2017) TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM WACANA IKLAN KULINER DI AKUN INSTAGRAM ASLI SUROBOYO: KAJIAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 39-17 Rah t Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 39-17 Rah t Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Iklan Kuliner di Akun Instagram Asli Suroboyo: Kajian Pragmatik” ini terbatas pada wacana iklan dalam akun Asli Suroboyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan (1) bentuk tindak tutur direktif langsung; (2) bentuk tindak tutur direktif tidak langsung; (3) kecenderungan penggunaan tindak tutur direktif dalam iklan kuliner di akun instagram Asli Suroboyo; dan (4) aspek-aspek yang dapat membantu meningkatkan daya tarik calon konsumen iklan kuliner di akun instagram Asli Suroboyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik. Teori yang digunakan adalah teori tindak tutur direktif Searle dan pemarkahan untuk membantu menandai ada tidaknya tindak tutur direktif langsung. Gambaran umum objek penelitian menjelaskan mengenai instagram dan iklan (dalam instagram). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan data secara kualitatif yang meliputi mengidentifikasi dan mengklasifikasi data. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap. Tuturan yang telah dihimpun berupa transkrip tuturan data verbal maupun nonverbal dari caption, foto atau video yang ada dalam iklan tersebut, sedangkan sumber data diperoleh dari instagram. Hasil penelitian ini adalah adanya wacana persuasi dalam bentuk tindak tutur direktif langsung, tindak tutur direktif tidak langsung, kecenderungan tindak tutur direktif langsung yang mendominasi dalam iklan kuliner di akun instagram Asli Suroboyo, serta aspek-aspek yang dapat membantu meningkatkan daya pikat calon konsumen iklan kuliner di akun instagram Asli Suroboyo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.39/17 Rah t
Uncontrolled Keywords: tindak tutur direktif, wacana iklan kuliner, akun instagram Asli Suroboyo, pemarkahan.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
Rahma Rahartika, 121311133108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Edy Jauhari, Dr., Drs., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 18:43
Last Modified: 18 Dec 2017 18:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item