RAGAM BAHASA DALAM TRANSAKSI JUAL BELI SAPI DAN KAMBING DI PASAR HEWAN WAGE MELILIR KABUPATEN MADIUN: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

NOVIA DWI SUSANTI, 121311133111 (2017) RAGAM BAHASA DALAM TRANSAKSI JUAL BELI SAPI DAN KAMBING DI PASAR HEWAN WAGE MELILIR KABUPATEN MADIUN: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 46-17 Sus r Abstrak.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 46-17 Sus r Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan tentang ragam bahasa antara penjual dan pembeli sapi dan kambing di Pasar Hewan Wage Melilir Kabupaten madiun, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi ragam bahasa pada transaksi jual beli sapi dan kambing di Pasar Hewan Wage Melilir Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripstif kualitatif dengan teknik simak libat cakap dan teknik rekap dimana peneliti melakukan interaksi secara langsung dengan informan. Peneliti menggunakan cara untuk mengetahui bentuk tuturan melalui teori Dell Hymes yaitu SPEAKING, sedangakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi transaksi jual beli melalui dari faktor usia, Pendidikan, status sosial, pekerjaan dan keadaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik simak dan teknik rekam yang dilakukan pada saat beratatap langsung terhadap responden. Objek penelitian ini adalah penjual dan pembeli yang sedang melakukan transaksi jual beli sapi dan kambing di Pasar Hewan Wage Melilir Kabupaten Madiun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada ragam bahasa yang digunakan saat berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Terlihat pada bahasa yang digunakan kepada penjual yang lebih tua atau pembeli yang lebih muda. Pada faktor-faktor yang mempengaruhi ragam bahasa yang muncul antara penjual akan menggunakan bahasa Jawa atau bahasa Indonesia yang sesuai dengan pembeli berdasarkan usia, Pendidikan, status sosial, pekerjaan dan keadaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.46/17 Sus r
Uncontrolled Keywords: sosiolinguistik, ragam bahasa, bahasa Jawa.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
NOVIA DWI SUSANTI, 121311133111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTubiyono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 19:36
Last Modified: 18 Dec 2017 19:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63925
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item