PROKEM PADA KOMUNIKASI KELOMPOK PEMANDU SORAK (Cheerleaders) DI SURABAYA

Annisa Eldiasari, 121311133141 (2017) PROKEM PADA KOMUNIKASI KELOMPOK PEMANDU SORAK (Cheerleaders) DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 47-17 Eld p Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 47-17 Eld p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan informasi mengenai prokem yang ditinjau dari komunikasi kelompok pemandu sorak (cheerleaders) di Surabaya. Penelitian mengenai prokem tersebut akan membahas mengenai proses pembentukan kata prokem dan fungsi-fungsi digunakannya prokem untuk kelompok pemandu sorak di Surabaya. Dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan menyimak dan melakukan wawancara pada beberapa anggota kelompok pemandu sorak. Hasil temuan data akan dikelompokan berdasarkan proses pembentukan kata prokemnya dan mendeskripsikan fungsi dari bahasa prokem untuk pemandu sorak. Hasil dari temuan dan pembahasan dari penelitian ini adalah ditemukannya proses pembentukan kata prokem pada kelompok pemandu sorak melalui penambahan akhiran /-ong/, akhiran /-es/, akhiran /-ose/, akhiran /-ita/, akhiran /-dang/, akhiran /-ina/, perubahan kata seluruhnya (total), pemendekan kata, dan adanya kata sapaan. Hasil dari wawancara kepada narasumber untuk mengetahui bahwa fungsi bahasa prokem pada kelompok pemandu sorak di Surabaya ada sebagai identitas sosial, keakraban, dan bahasa rahasia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BI.47/17 Eld p
Uncontrolled Keywords: sosiolinguistik, prokem, kelompok pemandu Sorak (cheerleaders) di Surabaya, akhiran kata, fungsi.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Annisa Eldiasari, 121311133141UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani, Dra. , M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 19:56
Last Modified: 18 Dec 2017 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63926
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item