MODEL SISTEM MIKROPARTIKEL PULSATILE LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS FNCC 0051 DENGAN MATRIKS KOMBINASI KOPOLIMER ASAM METAKRILAT

Sugiyartono, 051217097303 (2017) MODEL SISTEM MIKROPARTIKEL PULSATILE LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS FNCC 0051 DENGAN MATRIKS KOMBINASI KOPOLIMER ASAM METAKRILAT. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (full text)
FIX_DISERTASI_SUGIYARTONO.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2020.

Download (3MB)

Abstract

Mikroenkapsulasi Lactobacillus acidophilus menggunakan kombinasi kopolimer asam metakrilat tipe L dan tipe S dengan menggunakan metode spray drying telah dilakukan. Perbandingan (w/w) kopolimer asam metakrilat tipe L dan tipe S yang diteliti (w / w) adalah 10: 0; 8: 2; 6: 4; 5: 5; 4: 6; 2: 8; dan 0:10. Tujuan pertama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah kombinasi dari kopolimer asam metakrilat dengan proporsi yang berbeda mempengaruhi karakteristik fisik, kapasitas entrappment, kapasitas pelepasan dan efektivitas Lactobacillus acidophilus sebagai imunomodulator, tujuan kedua adalah untuk mendapatkan sebuah model pelepasan, dan tujuan ketiga adalah untuk mendapatkan data formula yang terbaik. Analisis statistika yang digunakan adalah: manova, Partial Least Square (PLS), dan Simplex lattice design. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan bermakna dari kapasitas penjebakan (kapasitas perlindungan terhadap suhu dan efisiensi penjebakan) dan efektivitas imunomodulators. Sebagai contoh, efisiensi penjebakan formula 4 (tipe L : tipe S = 5: 5) 1,35 kali lebih besar dibandingkan tipe L tunggal dan 1,79 kali lebih besar dibandingkan tipe S tunggal. Ada perbedaan yang tidak bermakna dalam karakteristik fisik (ukuran partikel dan kadar air) dan kapasitas pelepasan (efisiensi pelepasan biomassa dan efisiensi pelepasan bakteri viabel). Dari analisis Partial Least Square Design diketahui bahwa kapasitas pelepasan itu tidak dipengaruhi oleh sifat fisik dan kimia dari matriks, karakteristik fisik mikropartikel dan kapasitas penjebakan . Dari analisis Simplex Lattice Design, untuk menentukan formula terbaik, ditemukan bahwa R terbesar dicapai oleh formula 4 (rasio tipe L dan tipe S = 5: 5). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kombinasi kopolimer asam metakrilat tipe L dan tipe S meningkatkan kapasitas penjebakan dan efektivitas Lactobacillus acidophilus. Karakteristik fisik mikropartikel tidak dipengaruhi oleh ratio dari dua jenis kopolimer. Tidak ada korelasi antara kapasitas pelepasan dengan sifat fisika-kimia kopolimer asam metakrilat, karakteristik fisik mikroparikel, dan kapasitas penjebakan. Formula terbaik dimiliki oleh formula 4 yaitu formula dengan kombinasi tipe L: tipe S = 5: 5.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis F 01/17 Sug m
Uncontrolled Keywords: mikropartikel, pulsatile, kopolimer, asam metakrilat, Lactobacillus acidophilus
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Farmasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Sugiyartono, 051217097303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWidji Soeratri, Prof. Dr., DEA., AptUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2017 19:51
Last Modified: 16 Oct 2017 19:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63993
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item