DAMPAK KERANGKA DAN KETEGASAN PESAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN

ABDULLAH HAKIM ADLI, NIM.: 041012225 (2017) DAMPAK KERANGKA DAN KETEGASAN PESAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B 164_17 Adl d ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B 164_17 Adl d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sikap konsumen terhadap pesan lingkungan dapat mengakibatkan perilaku konsumen tidak mendukung lingkungan. Salah satu penyebab iklan pesan lingkungan mendapatkan sikap yang negatif adalah karena menggunakan pesan tegas. Hal ini menjadi pertanyaan karena pesan tegas dianggap sebagai pesan yang tidak efektif. Penelitian ini melihat dampak dari ketegasan pesan dan kerangka pesan dalam sebuah iklan dalam membuat iklan yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang diikuti oleh 215 mahasiswa S1 pada salah satu departemen perguruan tinggi ternama di Surabaya. Penelitian ini menggunakan komunitas pencinta lingkungan fiktif yang bernama Green Community untuk mencegah bias. Pesan dikemas dalam kerangka positif dan negatif. Masing-masing pesan disampaikan secara tegas dan tidak tegas. Dari kombinasi kedua variabel ketegasan pesan dan kerangka pesan dibuat empat buah iklan yang berbeda. Baik ketegasan pesan maupun kerangka pesan tidak memberikan hasil yang berbeda secara statistik. Meskipun demikan kombinasi keduanya memberikan hasil yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan kombinasi iklan tidak tegas dan kerangka positif mendapatkan sikap tertinggi dibandingkan yang lainnya. Sedangkan kerangka positif ketika dikombinasikan dengan pesan tegas justru menurun jauh. Hasil Penelitian ini dapat diaplikasikan di iklan cetak maupun digital yang menggunakan sedikit kata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 164/17 Adl d
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ABDULLAH HAKIM ADLI, NIM.: 041012225UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantBadri Munir Sukoco, SE., MBA., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Oct 2017 21:43
Last Modified: 16 Oct 2017 21:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item