ANALISIS PEMILIHAN PEMASOK OBAT GENERIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) PADA RSI A. YANI SURABAYA

AJENG LAILLY TRI WIDIASTUTI, NIM: 041311233148 (2017) ANALISIS PEMILIHAN PEMASOK OBAT GENERIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) PADA RSI A. YANI SURABAYA. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B 165_17 Wid a ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B 165_17 Wid a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penentuan pemasok mana yang terbaik untuk obat generik dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) pada RSI A. Yani Surabaya Proses pemilihan pemasok bertujuan untuk menentukan pemasok yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan, sehingga meminimalisasi risiko kurangnya persediaan. metode ANP memberikan pendekatan yang lebih akurat untuk mengetahui hubungan saling ketergantungan antar cluster dan kriteria dari sudut pandang perusahaan serta mempertemukan kebutuhan perusahaan dengan kemampuan yang dimiliki pemasok. Hasil penelitian analisis pemilihan pemasok obat generik yang diperoleh berdasarkan data yang telah diolah dengan menggunakan Analytic Network Process (ANP) ditemukan bahwa terdapat tiga cluster dengan masing-masing tiga kriteria. Alternatif pemasok yang disarankan untuk RSI A.Yani Surabaya dalam memilih pemasok obat generik adalah PT. ANUGRAH ARGON MEDICA dibandingkan dengan ke lima alternatif pemasok lainnya dengan memperhitungkan kriteria yang terdapat dalam cluster cost, delivery, dan service.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 165/17 Wid a
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AJENG LAILLY TRI WIDIASTUTI, NIM: 041311233148UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantYetty Dwi Lestari, SE., MT.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Oct 2017 22:15
Last Modified: 16 Oct 2017 22:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64014
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item