Communication Accommodation Strategies Performed by Lazuardi Al-Falah Klaten Elementary Teachers in Cambridge International Curriculum (CIC) Classes

INGGAR PRAMBAN DHANI, 121511223022 (2017) Communication Accommodation Strategies Performed by Lazuardi Al-Falah Klaten Elementary Teachers in Cambridge International Curriculum (CIC) Classes. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BE 84-17 Dha c Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BE 84-17 Dha c Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cambridge International Curriculum (CIC) adalah kurikulum internasional yang menarik banyak perhatian para akademisi di Indonesia. Kurikulum ini mulai diterapkan pada beberapa sekolah di Indonesia, tak terkecuali untuk sebuah sekolah di Klaten, Sekolah Dasar Islam Lazuardi Al-Falah. CIC sendiri mewajibkan pengunaan bahasa Inggris sebagai bahasa instruksi pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika dan Sains. Oleh karena itu, karena Bahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia, para guru melakukan akomodasi untuk menyesuaikan komunkasi terhadap para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan akomodasi komunikasi yang dilakukan oleh guru sekolah dasar Lazuardi Al-Falah Klaten pada kelas CIC. Teori utama yang digunakan adalah teori akomodasi dari Giles et al. (1991) dan didukung oleh teori dari Holmes (2013) serta Dragojevic et al. (2016). Pendeskripsian terfokuskan pada apakah guru melakukan konvergensi atau divergensi, dan strategi apa yang digunakan untuk merealisasikannya. Dan juga, motivasi yang disampaikan pada komunikasi akomodasi juga dianalisa secara menyeluruh. Hasil menunjukan bahwa guru mengakomodasi kominkasi mereka dengan melakukan kedua konvergensi dan divergensi. Telah diindikasi bahwa mereka melakukan lebih banyak konvergensi daripada divergensi. Para guru mengkonvergensi komunkasi mereka dengan menggunakan 12 strategi dari 13 strategi yang ada. Dan juga, mereka mendivergensi dengan menerapkan 6 strategi dari 8 strategi. Terlebih lagi, para guru dipengaruhi oleh kedua motivasi afektif dan kognitif pada saat melakukan konvergensi dan divergensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BE.84/17 Dha c
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Akomodasi, Konvergensi, Divergensi, Guru Sekolah Dasar, Cambridge International Curriculum
Subjects: P Language and Literature > PR English literature > PR83 English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsEmail
INGGAR PRAMBAN DHANI, 121511223022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErlita Rusnaningtias, M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 21:36
Last Modified: 18 Dec 2017 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item