ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL PADA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI JAWA TIMUR

ELLITA KUSUMANINGRUM, 041424253034 (2017) ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL PADA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI JAWA TIMUR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (full text)
ELLITA KUSUMANINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2020.

Download (763kB)

Abstract

Pada tahun 2015, semua instansi pemerintah baik di pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib menerapkan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Perubahan tersebut mengakibatkan perubahan organisasi dan perilaku. Penelitian ini mengetahui bagaimana penerapan akuntansi berbasis akrual di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dilihat dari aspek perubahan organisasi dan perilaku para aparatur yang terlibat dalam pelaksanaan serta kapasitas kelembagaannya. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi dan menganalisis pelaksanaan sistem akuntansi basis akrual serta kapasitas kelembagaan dalam mengadopsi sistem akuntansi basis akrual di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif interpretif. Hasil yang diperoleh adalah terdapat gejala coercive isomorphism, mimetic isomorphism dan normative isomorphism dalam pelaksanaan basis akrual di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Sedangkan kapasitas kelembagaan yang dimiliki didapatkan hasil bahwa kurangnya tenaga yang terampil dalam mengerjakan akuntansi, banyak sumber daya manusia yang terlibat dalam basis akrual namun pendidikannya tidak relevan serta kurangnya pemahaman aparatur mengenai basis akrual. Dari aparatur pelaksana dapat dilihat adanya niat untuk melaksanakan basis akrual meskipun mereka harus belajar lagi. Komitmen dari atasan yang mendukung pelaksanaan basis akrual juga ikut memengaruhi sehingga penerapan akuntansi basis akrual dapat berjalan cukup baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 13/17 Kus a
Uncontrolled Keywords: standar akuntansi berbasis akrual, kapasitas kelembagaan, isomorphism
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ELLITA KUSUMANINGRUM, 041424253034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM.Suyunus, Mafis, Dr.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2017 21:09
Last Modified: 17 Oct 2017 21:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64130
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item