Pengaruh Urutan Penyajian dan Pembingkaian Informasi Terhadap Revisi Keyakinan dalam Pengambilan Keputusan Penyusunan Anggaran

Dhias Kharismadani, 041314253021 (2017) Pengaruh Urutan Penyajian dan Pembingkaian Informasi Terhadap Revisi Keyakinan dalam Pengambilan Keputusan Penyusunan Anggaran. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (full text)
Dhias K.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu peran penting dari akuntan manajemen, saat ini, adalah memberikan masukan bagi manajer dalam proses pengambilan keputusan. Penyajian informasi keuangan berseri yang digunakan dapat menyebabkan efek urutan (baik itu resensi maupun primasi) yang mengakibatkan adanya bias dalam pengambilan keputusan. Efek urutan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Model Belief Adjusment Theory (Hogarth dan Einhorn, 1992). Model Belief Adjusment Theory digunakan sebagai kerangka utama dari penelitian ini dan, saya menambahkan mengenai efek pembingkaian untuk mendapatkan penjelasan tentang adanya interaksi dari kedua hal tersebut dalam proses revisi keyakinan terhadap kenaikan anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh dari urutan informasi dan pembingkaian informasi terhadap proses revisi keyakinan dalam keputusan akuntansi manajemen, yaitu penyusuanan anggaran perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen 2 x 2 between subyek di dalam ruangan dengan subjek eksperimen terdiri dari 108 orang akuntan dan manajer yang terlibat dalam penyusunan anggaran pada satu grup perusahaan surat kabar. Pengujian Hipotesis menggunakan Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efek resensi dalam proses revisi keyakinan terkait kenaikan anggaran dengan pemberian urutan informasi yang beragam. Terjadinya efek resensi tersebut terbukti dapat dikurangi dengan pembingkaian informasi yang berlawanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 15/17 Kha p
Uncontrolled Keywords: Belief-adjustment theory, efek pembingkaian informasi, efek urutan penyajian informasi, dan efek resensi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Dhias Kharismadani, 041314253021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI Made Narse, Prof.,Dr.,M.Si.,Ak.CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2017 21:22
Last Modified: 17 Oct 2017 21:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item