DAPATKAH SANKSI PAJAK DAN TAX AMNESTY MEMITIGASI TINDAKAN KETIDAKPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN KEGIATAN USAHA?: STUDI EKSPERIMENTAL

KADEK PRANETHA PRANANJAYA, 041514253003 (2017) DAPATKAH SANKSI PAJAK DAN TAX AMNESTY MEMITIGASI TINDAKAN KETIDAKPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN KEGIATAN USAHA?: STUDI EKSPERIMENTAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS burn.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menguji kebijakan sanksi pajak dan program tax amnesty terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha. Berdasarkan pada data eksperimen berdesain 2x2 faktorial antar subyek, partisipan yang diberikan manipulasi sanksi pajak yang tinggi cenderung untuk lebih patuh dibandingkan partisipan yang diberikan manipulasi sanksi pajak yang rendah, begitu pula dengan adanya program tax amnesty, partisipan cenderung untuk lebih patuh dibandingkan jika tidak terdapat program tax amnesty. Terkahir, hasil interaksi juga menunjukkan hasil yang signifikan namun menariknya pada arah yang tidak sesuai dengan yang dihipotesiskan. Ditemukan bahwa kepatuhan pajak dapat dicapai dengan lebih efektif ketika program tax amnesty dikombinasikan dengan sanksi pajak yang rendah. Hal tersebut mengimplikasikan bahwa pendekatan motivasional berupa insentif akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan pendekatan motivasional berupa ancaman yang berlevel rendah (low enforcement). Penelitian ini berkontribusi pada literatur kepatuhan pajak khususnya dengan topik spesifik tax amnesty.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 26/17 Pra d
Uncontrolled Keywords: kepatuhan pajak, tax amnesty, sanksi pajak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
KADEK PRANETHA PRANANJAYA, 041514253003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArdianto, Dr. , SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2017 16:57
Last Modified: 18 Oct 2017 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64238
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item