AKUNTANSI AKRUAL: REFLEKSI FORMALITAS PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH

RIZKY AYU SAVITRI, 041514253065 (2017) AKUNTANSI AKRUAL: REFLEKSI FORMALITAS PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (full text)
RIZKY AYU SAVITRI-041514253065-TESIS-min.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Guna mendasari penerapan akuntansi akrual pada sektor pemerintahan di Indonesia maka diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Berdasarkan peraturan tersebut akuntansi akrual wajib dilaksanakan paling lambat dilaksanakan pada awal Tahun Anggaran 2015. Pemerintah Provinsi Jawa Timur, selaku pemerintah daerah di Indonesia, juga berkomitmen untuk menerapkan akuntansi akrual. Dengan menggunakan teori New Institutional Sociology (NIS) penelitian ini berusaha memahami realitas yang terjadi selama proses institusionalisasi akuntansi akrual di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara para aktor yang terlibat dalam proses institusionalisasi akuntansi akrual, dokumentasi serta observasi secara partisipatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gejala institusional isomorphism terjadi dalam pelaksanaan SAP berbasi akrual di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Gejala coercive isomorphism yang ditunjukkan dengan temuan bahwa adopsi akuntansi akrual di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah dorongan dari pemerintah pusat, yaitu dengan menerbitkan peraturan perundang-undangan. Gejala normative isomorphism diketahui dari hasil temuan keterlibatan konsultan dan akademisi dalam penerapan akuntansi akrual. Gejala mimetic isomorphism ditemukan saat Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan benchmarking ke pemerintah daerah yang menjadi best practice dalam penerapan akuntansi akrual di Indonesia. Dalam realitasnya ketiga bentuk mekanisme institusional tersebut saling berinteraksi satu sama lain, kemudian berkontribusi dalam mempengaruhi praktek-praktek di lapangan dan para aktor yang terlibat selama proses institutionalisasi akuntansi akrual tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 35/17 Sav a
Uncontrolled Keywords: akuntansi akrual, pemerintah daerah, new institutional sociology, formalitas, sindrom katak rebus
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
RIZKY AYU SAVITRI, 041514253065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorZaenal Fanani, Dr. , SE., MSA., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2017 17:57
Last Modified: 18 Oct 2017 17:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64260
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item