STUDI PERBEDAAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGARUH HARDINESS TERHADAP STRES KERJA SERTA DAMPAK STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SEBUAH PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI PASURUAN

VICENTIUS RUMAWAS, 079012660 (1995) STUDI PERBEDAAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGARUH HARDINESS TERHADAP STRES KERJA SERTA DAMPAK STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SEBUAH PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KKB KK Psi 82.95 Rum s.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tingkat pendidikan (Xl) dan hardiness (X2) terhadap stres kerja (Y), dan untuk melihat dampak stres kerja (Y) terhadap kinerja (Z). Tingkat pendidikan dalam kerangka teoritis merupakan salah satu variabel karakteristik individu (ind ivid ual differences) yangberfungsi sebagai variabel antaseden terhadap stres kerja, dan dalam penelitian ini akan dibedakan atas 3 tingkat pendidikan untuk diuji apakah stres kerja yang terjadi benar-benar berbeda. Hard iness dalam kerangka teoritis mempunyai hubungan negatif terhadap stres kerja, semakin tinggi hardiness, stres yang terjadi akan menjadi semakin keeil. Penelitian menguji hubungan ini dan mencoba mengungkap fungsi prediktifnya dengan analisa regresi. Penelitian inijuga akan membuktikan hubungan kinerja dengan stres atau arousal yang secara teoritis membentuk fungsi U-terbalik, atau polinomial terbalik. Populasi penelitian diambil dari para staf pria, berusia antara 20 -40 tahun, pengalaman kerja kurang dari 10 tahun, yang bekerja di sebuah perusahaan manufaktur di daerah Pasuruan, dengan sampel berjumlah 45 orang (19 5LTA, 703 dan 19 51). Oitemukan bahwa komposisi sampel kurang memadai untuk dilakukan analisa varians, namun cukup untuk menguji hubungan antara hardiness dan stres kerja. Hardiness diukur dengan menggunakan alat ukur yang sudah standar, stres kerja diukur dengan menggunakan kuesioner yang diturunkan dari kerangka teoritis, sedang kinerja diambil dari penilaian prestasi kerja perusahaan. Reliabilitas alat ukur stres kerja dihitung dengan metode Cronbach alpha dan didapat harga keandalannya 0.8430 (p = 0.0000).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 82.95 Rum s
Uncontrolled Keywords: stress, kinerja, karyawan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
VICENTIUS RUMAWAS, 079012660UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorINO YUWONO, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 18 Oct 2017 22:54
Last Modified: 18 Oct 2017 22:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64298
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item