PENERAPAN VALUE OF FAMILY BUSINESS DALAM INTERNAL CONTROL PADA SISTEM PENJUALAN NON BUMN DENGAN PENDEKATAN COSO (Studi Kasus Pada PT.BS di Surabaya).

Mario Jehezkiel, 041514253031 (2017) PENERAPAN VALUE OF FAMILY BUSINESS DALAM INTERNAL CONTROL PADA SISTEM PENJUALAN NON BUMN DENGAN PENDEKATAN COSO (Studi Kasus Pada PT.BS di Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (full text)
MARIO J.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan industri baja di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang cukup pesat melalui peningkatan konsumsi sebesar 8,3% dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2015. PT. BS merupakan sebuah family business di kota Surabaya yang bergerak dalam industri baja. Masalah yang dihadapi oleh PT.BS adalah aliran dana dalam perusahaan yang terhambat. Selain itu, terdapat beberapa permasalahan lain adalah tingginya nilai piutang yang tidak tertagih, batas waktu pembayaran piutang lebih lama daripada batas standar perusahaan dan tidak ditemukan Standard Operational Procedure (SOP) untuk tagihan dengan sistem pembayaran angsuran. Pengendalian internal dengan pendekatan COSO melalui value of family business merupakan sebuah strategi yang dirancang untuk memperbaiki internal control pada sistem penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratory untuk menganalisa dan mengevaluasi internal control yang telah diterapkan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal melalui value of family business yang diterapkan oleh perusahaan masih memiliki banyak kelemahan pada setiap prosedur yang ada dalam sistem penjualan. Oleh karena itu, PT. BS perlu menerapkan value of family bussines dalam pengendalian internal (internal control) melalui sistem penjualan non-BUMN dengan pendekatan COSO untuk mengatasi segala permasalahan dan penelitian selanjutnya mengenai sistem Point of Sales (POS) dan Sales Order (SO) perlu dilakukan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 52/17 Jeh p
Uncontrolled Keywords: Standard Operational Procedure (SOP), value of family business, , pengendalian internal , pendekatan COSO, sistem penjualan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Mario Jehezkiel, 041514253031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDebby Ratna Daniel, Dr. rer. pol. , SE., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2017 23:12
Last Modified: 18 Oct 2017 23:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64304
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item