ANALISIS KOMPARATIF SUKU BUNGA PUAB DENGAN SUKU BUNGA REPO PADA KERANGKA KEBIJAKAN MONETER PENDEKATAN SUKU BUNGA DI INDONESIA

PRAYOGA MUJIONO, 041414453001 (2017) ANALISIS KOMPARATIF SUKU BUNGA PUAB DENGAN SUKU BUNGA REPO PADA KERANGKA KEBIJAKAN MONETER PENDEKATAN SUKU BUNGA DI INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis-Prayoga Mujiono-041414453001.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 20 October 2020.

Download (20MB)

Abstract

Bank Indonesia menerapkan kerangka kerja Inflation Targetting Framework (ITF) sejak tahun 2005 dengan sasaran akhir tingkat inflasi melalui pendekatan suku bunga. Suku bunga Pasar Uang Antar Bank (PUAB) dan suku bunga Repurchase Agreement (REPO) berada dalam kerangka kebijakan moneter Bank Indonesia dimana keduanya merupakan pilihan instrumen yang dapat digunakan oleh perbankan untuk mengelola likuiditasnya. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan seberapa besar pengaruh kedua suku bunga tersebut terhadap tingkat inflasi dalam kerangka kerja ITF. Metode yang digunakan yaitu Vector Error Correction Model (VECM) untuk melihat pengaruh jangka panjang dan jangka pendek variabel serta dampak yang ditimbulkan akibat adanya shock yang permanen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suku bunga REPO lebih berpengaruh terhadap tingkat inflasi dibandingkan suku bunga PUAB. Suku bunga REPO memiliki hubungan jangka panjang dan jangka pendek terhadap tingkat inflasi, sedangkan suku bunga PUAB tidak memiliki hubungan jangka panjang maupun jangka pendek. Dampak negatif shock suku bunga REPO terhadap tingkat inflasi lebih konsisten daripada dampak shock suku bunga PUAB dengan konstribusi shock yang lebih stabil.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 09/17 Muj a
Uncontrolled Keywords: Suku bunga PUAB, suku bunga REPO, ITF, VECM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
PRAYOGA MUJIONO, 041414453001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWasiaturrahma, Dr. , SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2017 17:21
Last Modified: 19 Oct 2017 17:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64340
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item